Pentingnya Edukasi Nutrisi dan Gizi Anak di tengah Pandemi, KPAI Minta Posyandu Diaktifkan Lagi

Arif Budiwinarto ยท Senin, 22 Juni 2020 - 01:45 WIB
Pentingnya Edukasi Nutrisi dan Gizi Anak di tengah Pandemi, KPAI Minta Posyandu Diaktifkan Lagi

Acara CSR yang dilakukan KPAI untuk mengedukasi pentingnya gizi dan nutrisi anak di tengah pandemi Covid-19.

JAKARTA, iNews.id - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyalurkan 200 paket bantuan sosial untuk anak di Posyandu RW 01 Kelurahan Rawa Terate, Cakung, Jakarta Timur, Minggu (21/6/2020).

Dalam kesempatan tersebut KPAI juga menyampaikan pentingnya perhatian pemenuhan gizi dan nutrisi pada anak di tengah pandemi Covid-19. KPAI menilai, program edukasi kesehatan di lingkup masyarakat paling kecil sudah seharusnya dimulai dari Posyandu di tiap rukun warga.

Oleh karena itu, posyandu dan programnya segera dibuka kembali dengan mengikuti protokol kesehatan seperti yang dianjurkan pemerintah.

"Posyandu tutup, menjadi dampak pengurangan kesehatan anak, artinya pencegahan paling depan seperti Posyandu bila tidak aktif, maka akan memperbesar korban anak anak dalam situasi Covid," kata Jasra Putra, Komisioner KPAI, dalam rilis yang diterima iNews.id.

"Untuk itu penting di cegah dengan kembali aktifnya Posyandu. Karena bila terjadi positif Covid anak anak harus didampingi selalu, dan rentang cluster penularan akan lebih luas. Artinya Posyandu harus aktif dan mulai bisa membangun cara kerja baru di masa Covid," lanjutnya.

Menurut Jasra, kebutuhan anak di masa pandemi berbeda dengan situasi sebelumnya. Dia menilai hak mendapatkan nutrisi harus seimbang dengan hak memperoleh pendidikan dan kesehatan, tidak mungkin dikurangi salah satunya.

"Meski dapur gizi dan nutrisi anak yang dibuat hanya menghadirkan 10 anak karena menjaga dan waspada, namun bagi Jasra dukungan sesama anak akan menguatkan partisipasi mereka untuk peduli hidup bersih dan sehat," ucapnya.

Editor : Arif Budiwinarto