Pentingnya Sinergi Komunitas Agama dan Ormas dalam Penanganan Covid-19

Rizal Bomantama ยท Kamis, 26 November 2020 - 21:22:00 WIB
Pentingnya Sinergi Komunitas Agama dan Ormas dalam Penanganan Covid-19
Jubir Wiku Bakti Adisasmito, Kamis (19/11/2020) (Foto: BNPB)

JAKARTA, iNews.id - Sinergi antara komunitas agama maupun organisasi masyarakat (ormas) merupakan prinsip utama bagi pemerintah dalam penanganan pandemi covid-19. Peran sertanya dibutuhkan bagi Satgas Penanganan Covid-19 dalam melakukan komunikasi publik.

"Sejak awal Satgas berusaha melakukan komunikasi publik yang spesifik terhadap karakteristik masyarakat. Akan tetapi hal ini tidak akan mudah jika prosesnya tidak melibatkan gatekeeper komunitas tersebut," uckap Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Adisasmito saat memberi keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 di Kantor Presiden, Selasa (24/11/2020) yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Untuk itu, apresiasi diberikan seting-tingginya kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI), Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI), Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) serta beberapa ormas lainnya yang membantu meringankan beban pemerintah dengan menyampaikan satu narasi, yaitu "Tekan Penularan Covid-19 dengan Protokol Kesehatan" yang disesuaikan dengan perincian kegiatannya masing-masing.

Satgas Covid-19 berharap semakin banyak komunitas di masyarakat yang bisa tergerak untuk bekerja sama dengan pemerintah, untuk sama-sama membangun kedisiplinan masyarakat yang dapat dimulai dari lingkungannya masing-masing.

"Kami tekankan, Satgas Covid-19 terbuka dengan semua kerja sama, khususnya terkait untuk mensosialisasikan pentingnya protokol kesehatan," ujarnya.

Selain itu, secara rutin Satgas Covid-19 pusat berkomunikasi dengan satgas Covid-19 di setiap daerah dan selalu menekankan prinsip non-diskriminatif sebagaimana tertuang dalam UU  No 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana dalam melakukan penanganan pandemi Covid-19.

Editor : Rizal Bomantama