Penuhi Panggilan Polisi, Mantan Kapolda Metro Jaya Sempat Menolak Diperiksa

Irfan Ma'ruf ยท Senin, 17 Juni 2019 - 16:22 WIB
Penuhi Panggilan Polisi, Mantan Kapolda Metro Jaya Sempat Menolak Diperiksa

Kuasa hukum mantan Kapolda Metro Jaya Sofyan Jacob, Ahmad Yani memberikan keterangan di Polda Metro Jaya, Senin (17/6/2019). (Foto: iNews.id/ Irfan Maruf).

JAKARTA, iNews.id - Sofyan Jacob memenuhi panggilan Polda Metro Jaya, Senin (17/6/2019). Namun, mantan Kapolda Metro Jaya itu menolak diperiksa.

Kuasa hukum Sofyan, Ahmad Yani mengatakan, penolakan tersebut disampaikan kliennya ketika ditanya kesediaan untuk menjalani pemeriksaan oleh penyidik terkait kasus dugaan makar.

"Tadi waktu proses pemeriksaan awal dimulai nanya identitas dan lain sebagainya. Pada waktu Pak Sofyan diminta apakah bersedia diperiksa atau tidak, Pak Sofyan menyatakan tidak bersedia untuk diperiksa karena kondisi kesehatannya tidak memungkinkan," ujar Ahmad Yani di Polda Metro Jaya, Senin (17/6/2019).

Sikap penolakan Sofyan Jacob diperkuat dengan surat keterangan kesehatan yang menyatakan dia menderita sejumlah penyakit. Di antaranya, kondisi kesehatan gigi hingga gangguan di saluran jantung.

"Pak Sofyan di samping itu membawa surat bahwa kondisi hari ini dia tidak sehat betul karena ada surat keterangan," ucapnya.

Namun, penyidik ingin memastikan terlebih dahulu kondisi tersangka kasus dugaan makar. Penyidik, kemudian menghadirkan dokter dari Biddokkes Polda Metro Jaya guna memeriksa kondisi kesehatannya.

Dari hasil pemeriksaan itu Sofyan dinilai masih sehat dan dapat menjalani pemeriksaan. "Bersadarkan denyut jantung dan nadi, menurut keterangan dari dokter yang ada di sini bahwa Pak Sofyan dianggap sehat dan sudah bisa lanjutkan pemeriksaan," katanya.

Tim dokter Polda Metro Jaya kemudian menyarankan Sofyan istirahat sejenak. Usai istirahat, Sofyan kemudian diperiksa oleh penyidik.

Editor : Kurnia Illahi

TAG : makar