Penyanderaan Berakhir, Polri: Terima Kasih atas Dukungan Masyarakat

Felldy Utama ยท Kamis, 10 Mei 2018 - 16:51:00 WIB
Penyanderaan Berakhir, Polri: Terima Kasih atas Dukungan Masyarakat
Wakapolri Komjen Pol Syafruddin (tengah) didampingi Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto (kiri) dan Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Pol M Iqbal di Mako Brimob, Depok, Jawa Barat, Kamis (10/5/2018). (Foto: iNews.id/Felldy Utama).

JAKARTA, iNews.id – Mabes Polri menyampaikan terima kasih atas dukungan masyarakat Indonesia dalam penyelesaian peristiwa kerusuhan dan penyanderaan di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. Polri juga mengapresiasi ucapan simpati dan duka cita masyarakat atas gugurnya empat anggota Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri dan satu anggota Polda Metro Jaya dalam insiden tersebut.

Polri menyatakan, bentrokan antara polisi dan narapidana terorisme terjadi pada Selasa (8/9/2018) sekitar pukul 19.30 WIB. Namun, peristiwa tersebut telah berhasil diselesaikan pada Kamis (10/5/2018) pukul 07.15 dengan menggunakan langkah soft approach. Kendati demikian, Polri kehilangan lima anggota terbaik Korps Bhayangkara.

Mereka yang disandera dan telah gugur adalah Iptu Luar Biasa Anumerta Yudi Rospuji Siswanto, Brigpol Luar Biasa Anumerta Fandy Setyo Nugrohp, Briptu Luar Biasa Anumerta Syukron Fadhli, Briptu Luar Biasa Anumerta Wahyu Catur Pamungkas, dan Aipda Luar Biasa Anumerta Denny Setiadi.

Rasa kesedihan dan bela sungkawa tidak hanya datang dari jajaran kepolisian dan keluarga korban, namun juga seluruh elemen bangsa tanpa terkecuali, termasuk dari kalangan netizen di dunia maya.

Bentuk dukungan masyarakat itu antara lain tecermin dalam tagar #KamiBersamaPolri di Twitter. Netizen ramai-ramai menyuarakan dukungannya atas tindakan tegas Polri dan menyebut para polisi yang gugur mati dalam keadaan syahid karena sedang bertugas.

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian yang berada di Amman, Yordania, dalam rangka menghadiri Pameran Industri Strategis serta Pertahanan dan Keamanan (Special Operations Forces Exhibition and Conference/SOFEX) mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah memberikan perhatian luar biasa dalam penyelesaian peristiwa ini.

Dukungan juga diberikan Menkopolhukam Wiranto, Kepala BIN Jenderal (Pol) Budi Gunawan, dan Panglima TNI Jenderal Hadi Tjahjanto serta seluruh elemen bangsa ini sehingga mampu menyelesaikan masalah dengan cepat, tenang, tanpa emosional dan tetap berlandaskan hukum yang berlaku.

”Polri akan selalu memberikan yang terbaik untuk melindungi masyarakat dari ancaman dan gangguan kamtibmas. Polri memohon dukungan dari masyarakat untuk bersama-sama memberantas terorisme sampai hingga ke akar-akarnya, karena terorisme adalah musuh bersama dan musuh seluruh dunia,” kata Kapolri dalam keterangan tertulis, Kamis (10/5/2018).

Sementara itu, Wakapolri Komjen Pol Syafruddin memandang bentuk dukungan dari seluruh elemen bangsa ini merupakan bentuk hadirnya Polri di hati masyarakat serta menjadi cerminan rasa kepercayaan masyarakat atas kinerja Polri dalam menjaga ketertiban dan keamanan.

”Untuk itu, Polri menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat. Polri memastikan akan menjadi lembaga yang terpercaya, modern dan terus meningkatkan profesionalisme dalam bertugas,” kata Syafruddin.

Editor : Zen Teguh