Penyelundupan Mobil Mewah lewat Pelabuhan, Menhub Budi: Modusnya Sangat Licik

Felldy Utama ยท Selasa, 17 Desember 2019 - 21:00 WIB
Penyelundupan Mobil Mewah lewat Pelabuhan, Menhub Budi: Modusnya Sangat Licik

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. (Foto: iNews.id/Isna Rifka SR)

JAKARTA, iNews.id – Menteri Perhubungan Budi Karya Samudi berjanji akan memperketat fungsi pengawasan di pelabuhan. Bahkan, dia juga akan memperbantukan personel Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk mendukung Direkotrat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan.

Langkah itu menyusul terungkapnya kasus penyelundupan mobil dan motor mewah yang masuk ke Indonesia. Budi mengaku tak habis pikir terkait modus penyelundupan yang dilakukan para pelaku dengan melakukan pemalsuan terhadap barang yang masuk ke Indonesia.

“Modus ini sendiri sangat licik dengan mengatakan ini batu bata dan sebagainya,” kata Budi, dalam jumpa pers di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (17/12/2019).

Melihat meningkatnya modus penyelundupan barang-barang mewah ke Indonesia, Budi menilai perlunya upaya tegas oleh negara. Khusus dari Kemenhub, dia berjanji akan menambahkan personel untuk ditempatkan di pelabuhan-pelabuhan Indonesia.

“Sebagai regulator, kami komitmen untuk membuat suatu pengawasan berlapis tentang apa yang harus dilakukan karena modusnya semakin banyak,” ujarnya.

Menurut dia, saat ini modus penyelundupan tidak hanya terjadi di pelabuhan-pelabuhan besar, tapi juga dimungkinkan masuk ke “pelabuhan-pelabuhan tikus” di Indonesia. “Karena dimungkinkan masuk ke pelabuhan-pelabuhan kecil di sepanjang pantai timur Sumatera. Maka saya mohon kepada bapak Kapolri, kita buat satu tim tertentu, karena di tempat itu satu kontainer bisa masuk ke dalam sungai-sungai kecil seperti halnya penyelundupan narkoba,” tuturnya.


Editor : Ahmad Islamy Jamil