Penyerang Novel Baswedan Ditangkap, Wajah Masih Disembunyikan

Irfan Ma'ruf · Jumat, 27 Desember 2019 - 18:14 WIB
Penyerang Novel Baswedan Ditangkap, Wajah Masih Disembunyikan

Penyidik senior KPK Novel Baswedan. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id – Pelaku penyerangan terhadap penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan akhirnya ditangkap. Dua pelaku merupakan anggota Polri aktif.

Dua pelaku tersebut masing-masing RM dan RB. Keduanya ditangkap tim Polri di Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Kamis (26/12/2019) malam.

”Beberapa waktu lalu tim teknis menemukan informasi signifikan dan kami dalami. Tadi malam tim teknis dan Korps Brimob telah melakukan penangkapan,” kata Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo dalam konferensi pers di Polda Metro Jaya, Jumat (27/12/2019).

Kendati telah menangkap, dua pelaku tidak ditunjukkan kepada publik. Tidak disebutkan pula di mana keduanya bertugas serta jabatan mereka.

Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. (Foto: iNews.id/Irfan Ma'ruf). 

Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Argo Yuwono mengatakan, usai ditangkap, kedua polisi tersebut dibawa ke Polda Metro Jaya untuk diinterogasi. Pada Jumat pagi tadi, keduanya telah ditetapkan sebagai tersangka.

Mengenai motif, Argo belum dapat menjelaskan karena berdalih masih pemeriksaan. Soal pangkat, Argo juga tak menjawab. ”Masih dalam pemeriksaan,” ujarnya, lagi.

Novel disiram air keras oleh dua orang pengendara motor pada 11 April 2017 seusai salat subuh di Masjid Al-Ihsan dekat rumahnya, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Mata Novel pun rusak sehingga dia harus menjalani perawatan di Singapura sejak 12 April 2017. Novel merupakan penyidik senior KPK yang menangani sejumlah kasus korupsi kakap antara lain e-KTP dan simulator SIM di Korlantas Polri.


Editor : Zen Teguh