Peraturan Kapolri Ubah Seragam Satpam Mirip Polisi Dilengkapi Pangkat

Arie Dwi Satrio ยท Selasa, 15 September 2020 - 20:47 WIB
Peraturan Kapolri Ubah Seragam Satpam Mirip Polisi Dilengkapi Pangkat

Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id - Seragam Satuan Pengamanan (Satpam) diubah menjadi berwarna coklat mirip polisi. Kebijakan perubahan warna seragam tersebut tertuang dalam Peraturan Kapolri (Perkap) Jenderal Polisi Idham Azis Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengaman Swakarsa.

Perkap itu sudah diundangkan sejak 5 Agustus 2020. Dalam Perkap disebutkan ada 5 jenis pakaian dinas Satpam. Kelima jenis pakaian dinas, yaitu Pakaian Dinas Harian (PDH), Pakaian Dinas Lapangan Khusus (PDL Sus), Pakaian Dinas Lapangan Satu (PDL Satu), Pakaian Sipil Harian (PSH), dan Pakaian Sipil Lengkap (PSL).

Masing-masing jenis pakaian dinas itu dibedakan antara pria dan perempuan tanpa maupun berkerudung. Perkap juga mengatur topi seragam Satpam untuk PDH yang mirip dengan polisi.

Bahkan, dalam perkap juga diatur pangkat untuk para satpam yang dibagi menjadi 3 golongan. Manajer, supervisor dan pelaksana

Sementara mekanisme pengangkatan Satpam diatur salam Pasal 21, yaitu harus mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Polri atau Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) yang memiliki Surat Izin Operator (SIO) jasa pelatihan.

Selain itu mekanisme kenaikan pangkat Satpam setiap golongan ada 3 pangkat, yakni pelaksana utama, pelaksana madya dan pelaksana. Dalam supervisor terdapat supervisor utama, supervisor madya dan supervisor. Kemudian pada manajer terdapat manajer utama, manajer madya dan manajer.

Setiap golongan memiliki tanda kepangkatan berbentuk segitiga dengan warna yang berbeda. Pangkat pelaksana berwarna putih, pangkat supervisor berwarna kuning dan pangkat manajer berwarna merah.

Editor : Kurnia Illahi