Perindo Tembus 2,86%, Sekjen: Naik Terus, Optimistis Lolos Parlemen

Aditya Pratama ยท Senin, 29 April 2019 - 20:38 WIB
Perindo Tembus 2,86%, Sekjen: Naik Terus, Optimistis Lolos Parlemen

Sekjen Partai Perindo Ahmad Rofiq. (Foto: Dok.iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Perolehan suara Partai Perindo berdasarkan data real count KPU terus naik dan kian mendekati ambang batas parlemen 4 persen. 

Hingga Senin (29/4/2019) pukul 19.15 WIB dengan data yang masuk ke KPU 20,41 persen, Partai Perindo meraih perolehan suara 2,86 persen atau kian mendekati ambang batas parlemen (parliamentary threshold/PT). Perolehan suara tersebut diperoleh dari 166.047 TPS dari total 813.350 TPS.

“Hingga saat ini, di real count KPU, Perindo sudah mencapai 2,86 persen, padahal perhitungan baru 20 persen dari total TPS. Itu artinya peluang untuk meraih 4 persen sangat terbuka,” kata Sekjen Partai Perindo, Ahmad Rofiq, Senin, (29/4/2019).

Dia menjelaskan saat ini Perindo terus melakukan pengawalan perhitungan secara ketat. “Seluruh caleg dan pengurus partai masih terus mengikuti perhitungan di Panitia Pemilihan Kecamatan,” kata Rofiq.

Kader-kader Perindo, lanjut Rofiq, menjaga secara bergantian untuk mengawal suara Partai Perindo. “Mereka bergantian agar suara Perindo tetap sesuai perolehan, mengingat banyak kasus suara menjadi berubah kalau tidak ada pengawasan secara ketat,” ucapnya.

Perindo, lanjut Rofiq, yakin bisa menembus ambang batas 4 persen. “Kami optimistis, yakin tembus 4 persen,” tandasnya.

BACA JUGA: Suara Banyak Lampaui Partai Lama, Perindo Kian Optimistis ke Senayan

Data real count KPU menunjukkan Perindo berhasil melampaui berbagai partai lama di banyak daerah. Daerah-daerah tersebut antata lain Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

Selanjutnya, Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Lampung, Sulawesi Utara,  Maluku, Maluku Utara, NTT Papua, dan Papua Barat.

Adapun, Perindo adalah satu-satunya partai baru yang diperkirakan lolos ambang batas alias parliamentary threshold. Hasil hitung cepat LSI Denny JA memperkirakan Perindo menjadi 1 dari 10 partai yang akan mengelola parlemen.

Hitung cepat LSI Denny JA tersebut mengambil sampel 2.000 TPS dari total 813.350 TPS. Margin of error dari hitung cepat tersebut sekitar 1 persen.

Perolehan Partai Perindo berdasarkan hitung cepat LSI Denny JA mencapai 3,18 persen. Karena itu, dengan adanya estimasi margin of error hitung cepat tersebut 1 persen, Perindo berpeluang lolos ambang batas parlemen pada Pileg 2019.


Editor : Kastolani Marzuki