Peringatan Dini Tsunami Belum Dicabut, BMKG Minta Warga Jauhi Pantai

Felldy Utama ยท Jumat, 02 Agustus 2019 - 21:07 WIB
Peringatan Dini Tsunami Belum Dicabut, BMKG Minta Warga Jauhi Pantai

Ilustrasi gempa bumi.

JAKARTA, iNews.id – Badan Meteorologi, Krimatologi, dan Geofisika (BMKG) sampai saat ini belum mencabut peringatan dini potensi tsunami pascagempa berkekuatan magnitudo 7,4, di Banten, malam ini. Untuk itu, masyarakat diimbau untuk meninggalkan area pantai.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati menjelaskan, wilayah selatan Pandeglang Selatan, Banten, saat ini termasuk dalam kategori ancaman siaga, yaitu dengan ketinggian tsunami antara 0,5 hingga 3 meter. Ancaman siaga juga berlaku di wilayah pesisir Lampung Barat.

Sementara, untuk wilayah Pandeglang Utara, diterapkan status waspada yaitu ketinggian maksimal tsunami 0,5 meter. Wilayah Lebak, Banten, juga berstatus ancaman waspada.

“Kepada masyarakat, diimbau tetap tinggalkan pantai di wilayah tersebut karena sampai saat ini kami belum akhiri peringatan dini tsunami,” kata Dwikorita di Gedung BMKG, Jakarta, Jumat (2/8/2019).

Dwikorita mengatakan bahwa pihaknya akan memberikan pernyataan resmi soal status dini tsunami itu hingga dua jam mendatang. Ini dikarenakan BMKG masih akan terus memantau gejala alam tersebut. “Sekitar pukul 21:35 WIB, kami tunggu sampai waktu itu, kalau tidak ada indikasi hal yang khawatiran, pukul 21:35 akan kami akhiri (peringatan),” tuturnya.


Editor : Ahmad Islamy Jamil