Persilakan Kritik ke Pemerintah, Polri: Kalau Fitnah Kami Tangani

Puteranegara Batubara ยท Kamis, 19 Agustus 2021 - 16:32:00 WIB
Persilakan Kritik ke Pemerintah, Polri: Kalau Fitnah Kami Tangani
Kabareskrim Komjen Pol Agus Andrianto mengingatkan kritik diperbolehkan, sedangkan fitnah akan ditindak (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id-  Pimpinan Polri telah mengarahkan kepada jajaran agar tak bersikap reaktif terhadap kritik ataupun satire yang ditujukan kepada Pemerintah Indonesia. Namun, jika mengandung unsur fitnah akan ditindak.

Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto menyebut arahan itu sudah jelas sehingga tak ada penindakan hukum yang dilakukan kepada mereka yang memberi kritik. Sebab itu, Agus mendorong agar masyarakat mengkomplain apabila ada tindakan polisi yang dinilai membungkam kritik.

Dalam hal ini, Agus merespons tindakan sejumlah penyidik kepolisian di jajaran kewilayahan terhadap pembuat konten-konten satire terkait pemerintah. Misalnya, salah satunya mural Jokowi 404: Not Found.

"Arahan Kapolri, Kabareskrim, Dirtipidsiber kepada jajaran selalu kami ingatkan, termasuk ini kan juga menjadi sarana itu. Komplain saja kalau masih dilakukan," kata Agus kepada wartawan, Jakarta, Kamis (19/8/2021).

Menurutnya, Presiden Jokowi tak suka apabila polisi bersikap reaktif terhadap satire-satire tersebut. Hal itu, kemudian turut juga didukung oleh program Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang memberikan arahan terkait dengan penerapan Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dalam kerja-kerja kepolisian dalam memantau media sosial. 

"Bapak Presiden tidak berkenan bila kita responsif terhadap hal-hal seperti itu. Demikian juga Bapak Kapolri selalu mengingatkan kita dan jajaran terutama dalam penerapan UU ITE," ujar Agus.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: