Pesan 500 Mobil Taktis dari Pindad, Prabowo: Kita Harap Oktober Selesai

Riezky Maulana, Kiswondari Pawiro ยท Kamis, 16 Juli 2020 - 14:31 WIB
Pesan 500 Mobil Taktis dari Pindad, Prabowo: Kita Harap Oktober Selesai

Menhan Prabowo Subianto menjajal rantis Maung buatan PT Pindad (Persero) saat mengunjungi perusahaan itu, Senin (13/7/2020). (Foto: IG Prabowo).

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto beberapa waktu lalu baru saja menjajal mobil Kendaraan Taktis (Rantis) 4 x 4 buatan dalam negeri, PT Pindad. Rantis tersebut diberi nama Maung.

Menhan yang juga sekaligus Ketua Partai Gerindra tersebut menyebut sekiranya telah memesan 500 unit Rantis. Rencananya, Rantis akan selesai pembuatannya pada bulan Oktober mendatang.

"Kita berharap bulan Oktober sudah selesai. Ya insya Allah (saat Ultah TNI)," katanya di Jakarta, Kamis (16/7/2020).

Prabowo beralasan mengapa pemerintah memilih PT Pindad sebagai produsen Rantis. Kata dia, sudah seharusnya sebagai bangsa Indonesia, menghidupkan industri-industri dalam negeri yang dapat juga meningkatkan pendapatan Indonesia.

"PT Pindad adalah industri dalam negeri, kita ingin hidupkan industri dalam negeri. Kita ingin ciptakan lapangan kerja, kita ingin tingkatkan pendapatan bangsa kita jadi memang presiden garisnya industri dalam negeri harus dibangkitkan ya kita dukung sektor pertahanan," ungkapnya.

Kemudian, dia memastikan pemilihan PT Pindad menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Andaikata, sektor pertahanan membuthukan produser dari luar negeri, maka industri luar negeri juga ikut dipilih.

"Enggak ada (direncanakan). Beberapa yang kita butuh dari luar negeri ya kita cari dari luar negeri," ucapnya.

Sebelumnya, Prabowo Subianto melakukan kunjungan kerja ke PT Pindad, Bandung, Jawa Barat. Di perusahaan pelat merah tersebut, Prabowo mematangkan rencana untuk memborong alat utama sistem senjata (alutsista) produksi mereka

“Kementerian Pertahanan akan terus mendukung upaya peningkatan produksi alutsista dalam negeri, serta mendukung program penelitian dan pengembangan, agar nantinya seluruh hasil produksi dalam negeri dapat mandiri secara utuh,” ucap Prabowo kata Prabowo, dikutip dari akun Instagram pribadinya, Selasa (14/7/2020).

Editor : Muhammad Fida Ul Haq