Pidatonya Tak Singgung Isu Korupsi, Jokowi Dibela Pimpinan KPK

Ilma De Sabrini ยท Senin, 21 Oktober 2019 - 10:18 WIB
Pidatonya Tak Singgung Isu Korupsi, Jokowi Dibela Pimpinan KPK

Presiden Jokowi menyampaikan pidato seusai pelantikannya di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Minggu (20/10/2019) kemarin. (Foto: ANTARA)

JAKARTA, iNews.id - Seusai dilantik di Gedung DPR/MPR, Minggu (20/10/2019) kemarin, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidatonya. Dalam pidato tersebut, kepala negara sama sekali tidak menyinggung isu korupsi sehingga sejumlah pihak pun bertanya-tanya soal komitmen Jokowi dalam pemberantasan korupsi ke depan.

Kendati demikian, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Saut Situmorang, mengingatkan masyarakat untuk tidak skeptis terhadap pidato presiden. “Lebuh baik tidak disebut tapi dilaksanakan, dari pada disebut-sebut tapi tidak dilaksanakan. Jangan sceptical dulu atas pidato itu,” ujar Saut kepada iNews.id saat dihubungi, Senin (21/10/2019).

Mantan pegawai BIN itu mengatakan, dalam pidato presiden kemarin, Jokowi telah menyebutkan sejumlah mimpi bangsa di Tahun 2045. Menurut Saut, pemberantasan korupsi sudah termasuk dalam mimpi-mimpi bangsa 2045 meskipun tidak disebutkan secara terang oleh presiden.

“Di pidato ada disinggung mimpi NKRI Tahun 2045. Jadi, secara eksplisit atau implisit pasti ‘include’ di dalamnya pemberantasan korupsi. Sebab, mimpi Anda Tahun 2045 akan sulit tercapai kalau perilaku korup masih terus berlanjut,” kata Saut berdalih.

Saut juga mengatakan, dalam mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur, negara harus mewujudkan pemerintahan yang beritegritas, bersih, adil, dan tidak ada nepotisme. “Saya anggap Jokowi bicara mimpi 2045 itu di dalamnya negara minim korupsi, untuk tidak mengatakan atau maksa indeks persepsi korupsi harus 75 atau 85,” ucapnya.


Editor : Ahmad Islamy Jamil