Pimpinan KPU Hadiri Sidang Kode Etik Wahyu Setiawan di KPK

Rizki Maulana ยท Rabu, 15 Januari 2020 - 15:09 WIB
Pimpinan KPU Hadiri Sidang Kode Etik Wahyu Setiawan di KPK

Komisioner KPU Viryan Azis. (Foto: iNews.id/Rizki Maulana)

JAKARTA, iNews.id - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menggelar sidang etik mantan Komisioner KPU, Wahyu Setiawan siang ini, Rabu (15/1/2020). Sidang akan digelar di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan.

Berdasarkan pantauan di lokasi, pimpinan Komisi Pemilihan Umum (KPU) ikut hadir di KPK untuk menyaksikan langsung jalannya sidang etik. Ketua KPU, Arief Budiman dan Viryan Azis terlihat di lokasi pukul 14.00 WIB.

Arief dan Viryan datang dengan kendaraan terpisah. Mengenakan batik merah, Arief tak terlalu menanggapi pertanyaan media.

BACA JUGA: DKPP Gelar Sidang Etik Wahyu Setiawan di Gedung KPK Siang Ini

"Nanti semua pimpinan datang, kami datang sebagai pihak terkait," ujar Arief.

Sementara itu Viryan tidak menanggapi pertanyaan dan langsung berjalan menuju ke dalam gedung dengan dijaga ketat oleh petugas KPK. Sekitar pukul 14.15 WIB, Wahyu Setiawan terlihat meninggalkan Gedung KPK. Belum diketahui ke mana Wahyu akan dibawa.

Sebelum meninggalkan KPK, Wahyu mengatakan telah berdikusi bersama penyidik KPK perihal sidang kode etik yang akan digelar DKPP. Menurutnya, penyidik KPK memberi pilihan untuk hadir atau tidak di sidang tersebut.

"Hari ini saya berdiskusi dengan penyidik KPK terkait dengan undangan sidang DKPP, penyidik KPK memberikan kesempatan kepada saya untuk hadir atau tidak hadir di sidang DKPP," ujar Wahyu.

BACA JUGA: Pimpinan KPK Dapat Hadiah Jamu Antidiare dari Ray Rangkuti

Dia memastikan akan hadir di sidang tersebut lantaran menghormati pihak-pihak terkait. "Saya punya niat baik dan saya menghormati DKPP sehingga saya memutuskan untuk hadir dalam sidang," ucapnya.

Wahyu berjanji akan bersikap kooperatif dan menjawab segala pertanyaan yang menurutnya dapat dijawab sesuai kapasitasnya. "Saya pasti akan menyampaikan apa yang terjadi, apa yang saya alami, dan apa yang saya ketahui. Saya kooperatif, saya menghormati proses hukum di KPK," ujarnya sambil masuk ke mobil tahanan.

DKPP menggelar sidang etik terhadap Wahyu Setiawan pukul 14.00 WIB. Sidang akan dihadiri langsung oleh Ketua Bawaslu RI, Abhan dan empat anggota lainnya sebagai pengadu.

"Pokok aduannya adalah teradu atas nama Wahyu Setiawan diduga menerima hadiah untuk meloloskan caleg PAW dari PDIP," kata DKPP melalui keterangan tertulis.


Editor : Rizal Bomantama