PN Jakarta Pusat Vonis Bebas Terdakwa Penyebar Video 'Penggal Jokowi'

Wildan Catra Mulia ยท Senin, 14 Oktober 2019 - 18:07 WIB
PN Jakarta Pusat Vonis Bebas Terdakwa Penyebar Video 'Penggal Jokowi'

Pengadilan Negeri Jakarta Pusat membebaskan Ina Yuniarti (kiri), perempuan yang didakwa menyebarkan video 'penggal kepala Jokowi'. (Foto: iNews.id/Wildan Catra)

JAKARTA, iNews.id – Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat membebaskan Ina Yuniarti, perempuan yang didakwa menyebarkan video ‘penggal kepala Jokowi’. Majelis hakim menilai dalam kasus tersebut terdakwa tak terbukti secara sah menyebarkan video tersebut saat demonstrasi di depan Gedung Bawaslu, Jakarta Pusat, Mei lalu.

“Mengadili, menyatakan terdakwa Ina Yuniarti tidak terbukti secara sah dan menyakinkan bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana dalam dakwaan tunggal melanggar Pasal 27 ayat 4 UU ITE,” kata ketua majelis, Tuty Haryati, dalam sidang pembacaan putusan di PN Jakpus, Jakarta, Senin (14/10/2019).

Tuty juga meminta jaksa pembebasan tersebut segera dilakukan setelah putusan tersebut dibacakan pengadilan. “Oleh karena itu dari dakwaan penuntut umum, memerintahkan terdakwa dibebaskan, dikeluarkan dari tahanan segera setelah putusan ini di ucapkan,” katanya.

“Memulihkan hak hak terdakwa dalam kemampuan, kedududkan, harkat dan martabatnya,” ucap Tuty lagi.

Polisi menetapkan Ina Yuniarti sebagai tersangka pada Mei 2019. Ina diduga melakukan tindak pidana kejahatan terhadap keamanan negara dan tindak pidana bidang informasi dan transaksi elektronik (ITE) dengan modus mengancam pembunuhan terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) lewat video yang viral di media sosial.

BACA JUGA: Perempuan Pembuat Video Pria Ancam Penggal Jokowi Ditangkap

Ina ditangkap di rumahnya, Grand Residence City, Cluster Prapanca 2, Bekasi, Jawa Barat pada Rabu siang, 15 Mei 2019. Saat diinterogasi, Ina dinyatakan telah menyebarkan video itu lewat grup Whatsapp (WA). Video yang dimaksud berisikan pernyataan Hermawan Susanto yang ingin memenggal Jokowi. Hermawan juga berstatus tersangka dalam kasus yang sama.

Dalam penangkapan, polisi menyita sejumlah barang bukti seperti kacamata hitam, satu unit telepon seluler merek iPhone 5s, masker hitam, kerudung warna biru, serta tas berwarna kuning, baju berwarna putih, serta cincin. Barang-barang tersebut diduga dipakai Ina saat dia merekam video yang viral itu.

Dalam video, terlihat Ina memegang ponsel mengarahkan ke wajahnya serta suasana sekitarnya. Di saat itu, sosok Hermawan muncul dan Ina langsung menyorotkan kamera ponselnya ke Hermawan. “Dari Poso nich, siap penggal kepala Jokowi. Jokowi siap lehernya kita penggal kepalanya demi Allah,” ucap Hermawan Susanto.


Editor : Ahmad Islamy Jamil