Polda Metro Kembali Limpahkan Berkas Ratna Sarumpaet ke Kejati DKI

Irfan Ma'ruf ยท Jumat, 04 Januari 2019 - 00:04 WIB
Polda Metro Kembali Limpahkan Berkas Ratna Sarumpaet ke Kejati DKI

Penyidik Polda Metro Jaya kembali melimpahkan berkas kasus hoaks dengan tersangka Ratna Sarumpaet ke Kejati DKI Jakarta pada Senin (7/1/2019).

JAKARTA, iNews.id - Penyidik polda Metro Jaya akan kembali melimpahkan berkas perkara kasus penyebaran berita bohong (hoaks) dengan tersangka Ratna Sarumpaet ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta, Senin (7/1/2019). Pelimpahan kembali berkas Ratna itu usai polisi melengkapi semua petunjuk jaksa.

"Iya Senin (7/1/2019) dilimpahkan kembali ke Kejaksaan," kata Kasubdit Jatanras Polda Metro Jaya AKBP Jerry Siagian saat dihubungi wartawan, Kamis (3/1/2019).

Dia mengatakan, pihaknya telah memeriksa beberapa saksi seperti yang dimintakan jaksa. Mereka adalah Rocky Gerung dan Nanik S Deyang.

Sebelumnya, jaksa peneliti Kejati DKI Jakarta mengembalikan berkas itu kepada Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya pada awal Desember 2018. Usai diterima kembali, polisi langsung melengkapi dengan memeriksa saksi dan tersangka Ratna.

"(Pemeriksaan saksi) sudah semua. Tapi nanti tidak tahu jaksa apa ada lagi yang mau ditambahin. Yang penting, apa yang dikembalikan kemarin sudah kita penuhi," ujar Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya AKP Nico Purba.

Dia enggan membeberkan materi apa saja yang telah dilengkapi. Mengingat, hal tersebut lantaran tidak untuk disebarluaskan. "Kalau materi enggak bisa diberitahu," katanya.

Ratna Sarumpaet ditangkap di Bandara Internasional Soekarno–Hatta, Tangerang, Banten, pada Kamis (4/10/2018) atas dugaan pelanggaran Pasal 14 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 46 tentang Peraturan Hukum Pidana dan Pasal 28 juncto Pasal 45 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Editor : Djibril Muhammad