Polisi Lakukan Analisis TAA untuk Ketahui Penyebab Kecelakaan Tol Cipularang

Irfan Ma'ruf ยท Senin, 02 September 2019 - 19:19 WIB
Polisi Lakukan Analisis TAA untuk Ketahui Penyebab Kecelakaan Tol Cipularang

Petugas menangani kecelakaan di Tol Cipularang Km 91, Purwakarta, Jawa Barat, Senin (2/9/2019).

JAKARTA, iNews.idKecelakaan maut beruntun di Tol Cipularang, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat (Jabar), hari ini, menewaskan sembilan orang. Untuk mengetahui penyebab musibah itu, polisi bakal menerapkan metode traffic accident analysis (TAA) alias anilisis kecelakaan lalu lintas.

“Nanti dianalisis TAA-nya dulu. Kami tidak boleh buru-buru, karena dengan TAA kami gunakan analisis dan secara ilmiah baru diketahui apakah penyebab tunggal atau ada penyebab lainnya,” kata Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo, di Jakarta, Senin (2/9/2019).

Hingga kini, pihaknya memprioritaskan evakuasi korban dan kendaraan terlebih dulu. Mengevakuasi kendaraan dilakukan agar kendaraan tidak menghalangi bagi pengemudi di jalan tol tersebut. “Semua arus lalu lintas kita normalkan dulu. Korban semaksimal jangan sampai ada korban meninggal dunia lagi. Korban yang MD diidentifikasi dan diserahkan ke keluarga,” ujar Dedi.

BACA JUGA: Tol Jakarta-Cikampek Macet Panjang Imbas Kecelakaan Beruntun di Tol Cipularang

Sebelumnya, kecelakaan di Tol Cipularang Purwakarta melibatkan 21 kendaraan di Kilometer 91. Di antara kendaraan yang bernasib sial itu berjenis mobil mini bus, truk, dan bus. Sebagian besar mobil tersebut mengalami kerusakan parah, bahkan ada yang sampai terbakar.

Kondisi lalu lintas di Tol Cipularang saat ini terpantau padat. Petugas memberlakukan lajur contraflow untuk kendaraan dari arah Bandung menuju Jakarta. Bahkan, di Jalan Tol Jakarta-Cikampek juga mengalami macet panjang imbas dari musibah itu.


Editor : Ahmad Islamy Jamil