Polisi Sebut One Way Bikin Arus Mudik Lancar dan Menekan Angka Kecelakaan

Sindonews ยท Kamis, 06 Juni 2019 - 19:26 WIB
Polisi Sebut One Way Bikin Arus Mudik Lancar dan Menekan Angka Kecelakaan

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Refdi Andri (tengah) di kawasan Tol Kalikangkung Semarang, Kamis (6/6/2019). (Foto iNews TV/Taufik Budi)

SEMARANG, iNews.id - Mudik lebaran 2019 relatif berjalan lancar. Infrastruktur tol, seperti TransJawa dan Sumatra disebutnya sebagai salah satu faktor lancarnya mudik lebaran tahun ini.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Refdi Andri mengatakan, faktor lainnya kelancaran mudik kali ini adalah penerapan sistem satu arah (one way). Tidak hanya sukses memperlancar arus mudik, sistem satu arah juga menekan angka kecelakaan.

"Yang kita lakukan selama melaksanakan Operasi Ketupat tahun 2019 mulai 29 Mei dan akan berakhir 10 Juni nanti," katanya di kawasan Tol Kalikangkung Semarang, Kamis (6/6/2019).

BACA JUGA:

Mudik Lebaran 2019 Lancar, Menhub: Terima Kasih Presiden Sudah Buat Jalan Tol

Arus Balik 3 Hari, Polisi Siapkan Rekayasa Lalin Atasi Penumpukan Kendaraan

Lebaran 2019, Kapolri: Kamtibmas Relatif Aman dan Arus Mudik Lancar

Lulusan Akpol 1987 ini menjelaskan, suksesnya penerapan sistem satu arah hingga hari kesembilan ini karena kerja sama optimal pihak-pihak terkait. Seperti, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jasa Marga dan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

"Sehingga apa yang kita rasakan, apa yang kita evaluasi khususnya selama delapan hari pelaksanaan operasi, angka-angka kemacetan kemudian pelanggaran lalu lintas, kecelakaan itu turun drastis," tuturnya.

Refdi menjelaskan, sistem satu arah di tol atau jalur bebas hambatan terbukti bisa memperlancar arus mudik. Sistem satu arah mulai diterapkan dari KM 70 Cikampek Utama hingga KM 263 Brebes Barat, selama 12 jam mulai pukul 09.00 hingga 21.00 WIB.

"Rekayasa lalu lintas yang kita lakukan khususnya selama lima hari sebelum Hari Raya, saya kira sudah menjawab apa yang menjadi harapan masyarakat. Yang kita lakukan mulai 30, 31 Mei, kemudian 1, 2 Juni bahkan kita perpanjang di tanggal 3 Juni," ujarnya.

Pada hari kedua lebaran 2019, dia menambahkan, pihaknya juga melalukan rekayasa lalu lintas pada ruas tertentu utamanya beberapa ruas dan titik pada Tol Cikampek. Penerapan sistem satu arah juga diterapkan dan mulai diberlakukan pada pukul 11.00 WIB.

"Karena ini memang kebutuhan kita laksanakan one way di KM 73 - KM 188 Palimanan. Dengan harapan, rekayasa lalu lintas itu masyarakat bisa melaksanakan perjalanan mereka dengan tertib, nyaman, dan mudah-mudahan tepat waktu sampai tujuan," kata Refdi.


Editor : Djibril Muhammad