Libur Natal dan Tahun Baru

Polisi Siap Atur Jalur Mudik dan Amankan Rumah Warga

Gatot Trilaksono ยท Jumat, 22 Desember 2017 - 16:30 WIB
Polisi Siap Atur Jalur Mudik dan Amankan Rumah Warga

Kabagpenum Polri Kombes Pol Martinus Sitompul. (Foto: Koran Sindo).

JAKARTA, iNews.id - Menjelang libur panjang Natal dan Tahun Baru, polisi mulai melakukan sejumlah persiapan untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan di beberapa titik jalur mudik. Salah satunya dengan menggelar operasi lilin.

Kabagpenum Polri Kombes Pol Martinus Sitompul mengatakan, pihaknya sudah diberikan kewenangan untuk mengatur lalu lintas di jalur tol oleh Jasa Marga. Termasuk dengan membuka dan menutup jalur tol, jika terjadi kepadatan sebelum pintu masuk pembayaran gardu tol.

"Tentu kami sudah diberi suatu keleluasaan oleh Jasa Marga, khususnya jalan tol," ujar Martinus di Jakarta, Jumat (22/12/2017).

Dia menambahkan, untuk perumahan warga yang ditinggal pada libur Natal dan Tahun Baru, pihaknya juga sudah menginstruksikan jajarannya setingkat Polres dan Polsek untuk mengamankan. Namun, dia mengimbau kepada  warga yang libur Natal dan Tahun Baru untuk melapor kepada Ketua RT masing-masing.

Dia juga mengingatkan, untuk mematikan listrik dan barang-barang yang berpotensi membahayakan. "Karena potensi yang muncul dari rumah kosong itu menjadi sasaran pelaku kejahatan. Potensi yang bisa terjadi bisa kebakaran atau banjir di tempat itu, makanya perlu mematikan listrik," ucapnya.


Editor : Kurnia Illahi