Politikus PDIP: Banyak Skandal KPK Akan Terbuka

Antara ยท Selasa, 08 Oktober 2019 - 21:04 WIB
Politikus PDIP: Banyak Skandal KPK Akan Terbuka

Anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Masinton Pasaribu. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id - Anggota DPR, Masinton Pasaribu mengatakan, skandal di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan terbuka seiring waktu. Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu menyebut banyak masalah di internal KPK.

Dia mengatakan, masyarakat lambat laun akan mengetahui apa yang sebenarnya terjadi di balik wacana DPR ingin merevisi UU KPK. Menurutnya, di dalam KPK ada beberapa geng yang berkuasa.

"Memang harus direvisi. Banyak masalah di sana. Saya akan selalu menentang. Tunggu waktu saja, banyak skandal di dalamnya," ujar Masinton saat menghadiri acara diskusi bertajuk, Habis Demo Terbitlah Perppu di Jakarta, Selasa (8/10/2019).

DPR, kata dia sudah memberi masukan kepada KPK untuk melakukan sejumlah perbaikan, namun diabaikan. Dalam rapat kerja Komisi III DPR bersama KPK, menurutnya tidak satu pun usulan DPR dijalankan oleh KPK.

"Bulan April 2017, kami mengingatkan KPK untuk perbaiki tata kelola Sumber Daya Manusia (SDM) di KPK karena ada geng-gengan di sana. Apa pernah diperbaiki? Tidak pernah," ucapnya.

BACA JUGA:

Begini Respons KPK Dituding Agitasi Demo Mahasiswa Tolak Revisi UU KPK

Melchias Mekeng 4 Kali Absen Pemeriksaan, KPK Akan Bahas Tindakan Selanjutnya

Selain itu, dia pernah mengingatkan KPK soal pengelolaan barang bukti dan sitaan. Efeknya terasa kemudian, ketika KPK dinilai Badan Pemeriksa Keuangan dengan catatan Wajar Dengan Pengecualian (WDP).

"WDP kenapa? Itu wajar, tidak. Target KPK selalu Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Enggak boleh WDP, laporan keuangannya. Kan integritas, zero tolerance," ucapnya.


Editor : Kurnia Illahi