Politikus PDIP Tanggapi Pidato Surya Paloh: Kita Diingatkan Kedewasaan Politik

Aditya Pratama ยท Sabtu, 09 November 2019 - 11:26 WIB
Politikus PDIP Tanggapi Pidato Surya Paloh: Kita Diingatkan Kedewasaan Politik

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hendrawan Supratikno. (SINDOphoto).

JAKARTA, iNews.id - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menilai pidato Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh normatif. Dalam pidatonya di pembukaan Kongres II Partai Nasdem Surya Paloh menyebut ada pihak yang mengaku sebagai partai paling nasionalis dan pancasilais, namun dalam praktiknya tidak mencerminkan kedua hal tersebut.

Politikus PDIP Hendrawan Supratikno mengatakan, pidato yang disampaikan Surya Paloh lebih kepada harapan tentang perilaku politik ideal.

"Jadi sifatnya normatif, bagus. Kita diingatkan pada aspek-aspek behavioral (keperilakuan) yang lebih memajukan keberadaban dan kedewasaan politik," ujar Hendrawan kepada iNews.id melalui telepon, Sabtu (9/11/2019).

Dia mengingatkan, sepak terjang politik harus sesuai yang diyakini. Bahkan, Kongres PDIP di Bali 2010 telah berbicara mengenai politik sebagai jalan membangun peradaban.

BACA JUGA:

Kongres NasDem, Surya Paloh Sentil Partai yang Mengaku Nasionalis & Pancasilais

Pindah ke Partai Gelora, Deddy Mizwar Serahkan Surat Pengunduran Diri ke SBY

Menurutnya, budaya demokrasi berasas Pancasila harus menjadi bintang penuntun perilaku politik. "Ini harapan kita semua. Tanpa harus menghardik, tanpa harus saling mencurigai apalagi saling memusuhi," katanya.

Surya Paloh dalam pidatonya juga menyebut ada pihak yang kerap mengundang propaganda dan mengajak berseteru satu sama lain, dapat dipastikan mereka bukan penganut Pancasila.

“Kalau partai yang masih mengundang cynical propaganda yang kosong mengajak berkelahi satu sama yang lainnya, ahh yang pasti itu bukan Pancasilais itu,” kata Surya Paloh.


Editor : Kurnia Illahi