Polri: Kaltim Masuk 10 Daerah Paling Aman di Indonesia

Irfan Ma'ruf ยท Senin, 26 Agustus 2019 - 22:00 WIB
Polri: Kaltim Masuk 10 Daerah Paling Aman di Indonesia

Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo. (Foto: dok. iNews.id)

JAKARTA, iNews.id – Pemerintah memutuskan untuk memindahkan Ibu Kota negara ke Kalimantan Timur (Kaltim). Lokasi Ibu Kota nantinya akan berada di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kertanegara.

Menurut Presiden Joko Widodo, Kaltim dipilih karena lima alasan. Salah satunya risiko bencana minimal, baik gempa bumi, tsunami, banjir, gunung berapi, tanah longsor, atau kebakaran lahan dan hutan.

Bagi Mabes Polri, penentuan Kaltim sebagai calon Ibu Kota baru dinilai tepat. Berdasarkan data keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) 34 kepolisian daerah di Indonesia, Polda Kaltim termasuk dalam kategori 10 Polda teraman di Tanah Air.

"Artinya bahwa Kalimantan Timur itu memang dari sudut pandang sisi keamanan, sudah layak sebagai ibu kota," kata Karo Penmas Divisi Humas Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (26/8/2019).

Dia menjelaskan, dari sisi angka kejahatan, Kaltim juga termasuk paling rendah. Ancaman terorisme juga dinilai tidak terlalu besar bila dibandingkan dengan Kalimantan Barat, Sumatera, dan Jawa.

Dedi mengatakan, bentuk kejahatan paling menonjol di Kaltim yakni kejahatan yang berkaitan dengan eksploitasi sumber daya alam (SDA). Kejahatan ini pun, kata dia, masih bisa diatasi.

"Sumber daya alam (misalnya) tambang. Yang paling dominan ya tambang batu bara di sana," kata dia.


Editor : Zen Teguh