Prabowo: Ada Upaya Lembaga-Lembaga Survei Giring Opini Kita Kalah

Felldy Utama ยท Rabu, 17 April 2019 - 18:08 WIB
Prabowo: Ada Upaya Lembaga-Lembaga Survei Giring Opini Kita Kalah

Calon presiden (capres) nomor urut 02 Prabowo Subianto saat jumpa pers di kediamannya, Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Rabu (17/4/2019). (Foto: iNews.id/Felldy Utama)

JAKARTA, iNews.id - Mayoritas hasil sementara hitung cepat (quick count) lembaga-lembaga survei menempatkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno (Prabowo-Sandi) kalah dari nomor urut 01 Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin (Jokowi-Ma'ruf).

Meski begitu, Prabowo meminta para pendukungnya tetap mengawal penghitungan suara mulai dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) hingga ke tingkat yang lebih kecamatan. Dia juga menuding lembaga-lembaga survei berupaya menggiring opini paslon 02 kalah.

BACA JUGA:

Prabowo Minta Pendukung Tenang, Jangan Terprovokasi Lembaga Survei

Quick Count Seknas, Prabowo-Sandi Klaim Sudah Lebih Unggul

Daftar Hasil Quick Count Menangkan Jokowi-Ma’ruf

"Dan saya tegaskan di sini bahwa ada upaya dari lembaga-lembaga survei tertentu yang kita ketahui sudah bekerja untuk menggiring opini seolah-olah kita kalah. Saudara-saudara sekalian, terus awasi TPS, amankan C1 dan juga di Kecamatan jangan lengah," tuturnya.

Hal itu disampaikan Prabowo saat jumpa pers di kediamannya, Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Rabu (17/4/2019). Tak lupa, dia meminta para pendukungnya untuk tidak terprovokasi apalagi bersikap anarkis.

"Tetap kawal kotak suara karena itu adalah kunci kemenangan kita agar kebohongan yang dilakukan bisa dilawan," katanya.

Prabowo mengaku dari semalam mendengar kabar banyak kejadian-kejadian yang merugikan kubu 02. Seperti, banyak surat suara yang tidak sampai, Tempat Pemungutan Suara (TPS) baru dibuka pukul 11.00 WIB, banyak pendukungnya yang tak mendapat undangan. Bahkan, ditemukannya surat suara yang tercoblos pasangan calon (Paslon) 01.

Berikut daftar hasil hitung cepat hingga pukul 17.00 WIB:

Indikator
Jokowi-Ma’ruf: 54,38 persen.
Prabowo-Sandi: 45,62 persen.
Suara masuk: 75,64 persen.

LSI Denny JA
Jokowi-Ma’ruf: 55,11 persen.
Prabowo-Sandi: 44,89 persen.
Suara masuk: 87,90 persen.

Voxpol Center
Jokowi-Ma’ruf: 53,81 persen.
Prabowo-Sandi: 46,19 persen.
Suara masuk: 45,79 persen.

Indo Barometer
Jokowi-Ma'ruf: 53,2 persen.
Prabowo-Sandi: 46,8 persen.
Suara masuk: 68,33 persen.


Editor : Djibril Muhammad