Momen Prabowo dan KSAD Buka Pertemuan ACAMM XX di Bandung

Agus Warsudi, Koran SINDO ยท Selasa, 26 November 2019 - 04:00 WIB
Momen Prabowo dan KSAD Buka Pertemuan ACAMM XX di Bandung

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bersama KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa di pembukaan ACAMM 2019 di Bandung, Senin (25/11/2019). (Foto: Pendam Siliwangi).

BANDUNG, iNews.id – TNI Angkatan Darat (TNI AD) menggelar Pertemuan Multilateral Kepala Staf Angkatan Darat se-ASEAN ke-20 atau 20th ASEAN Chiefs of Army Multilateral Meeting (ACAMM) 2019 di Bandung, Jawa Barat. Acara tahunan ini dipimpin KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa dan dibuka Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Candra Wijaya mengatakan, kegiatan ini diikuti para KSAD dan perwakilan delegasi negara-negara ASEAN. Sejumlah isu strategis kawasan menjadi pembahasan dalam pertemuan ini.

"Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto membuka acara ini sekaligus sebagai keynote speaker (pembicara kunci) dalam kegiatan ini," kata Candra, Senin (25/11/2019).

Candra menuturkan, ACAMM merupakan ajang penguatan komitmen kerja sama militer di antara 10 negara di ASEAN yakni Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, Singapura, Vietnam, Kamboja, Laos, Myanmar, dan Brunei Darussalam.

Forum ACAMM dimaksudkan untuk menjaga semangat persaudaraan tersebut dan diharapkan bisa menjadi tonggak sejarah kemajuan bidang pertahanan bangsa-bangsa Asia Tenggara menuju kemakmuran bersama.

"Selain itu, pertemuan ini juga dimaksudkan untuk merumuskan langkah-langkah strategis guna penjabaran komitmen kerja sama tersebut dalam wujud lebih konkret," ujar Kadispenad.

Kerja sama militer yang terjalin lewat ACAMM, kata dia, diproyeksikan untuk menjawab ancaman dan tantangan global yang sedang mengemuka di kawasan ASEAN.

Beberapa ancaman yang perlu diwaspadai di antaranya terorisme dan radikalisme, kejahatan lintas negara, gejolak sosial politik yang merebak di berbagai negara, serta potensi bencana alam di sebagian besar Asia Tenggara. Ancaman-ancaman tersebut selama ini menjadi hambatan utama kemajuan ASEAN.

ACAMM XX Tahun 2019 mengangkat tema “Melangkah Maju Bersama- Memajukan Kolaborasi antar-Angkatan Darat menuju ASEAN 2025”. Motto yang diangkat yakni, Together We Can! Atau Bersama Kita Bisa.

ACAMM XX diawali dengan perkenalan satu per satu KSAD se-ASEAN ke atas panggung dan bersalaman dengan KSAD Andika, Menhan Prabowo, dan Kasum TNI Letjen TNI Joni Supriyanto. Selain itu juga dilaksanakan sesi foto bersama para KSAD se-ASEAN.

Selesai acara pembukaan dilanjutkan dengan agenda multilateral meeting, dan penyampaian ide atau gagasan oleh para KSAD se-ASEAN dan sesi tanya jawab. Selanjutnya dilaksanakan hand over (penyerahan) tuan rumah ACAMM tahun 2020 dari Indonesia kepada Brunei Darussalam.

Malam sebelum pembukaan ACAMM, ungkap Candra, KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa menggelar acara welcoming reception di Skyline Restaurant, Dago, Kota Bandung, Minggu (24/11/2019).

Acara jamuan makan malam tersebut dimaksudkan sebagai bentuk ucapan selamat datang dan rasa hormat KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa selaku tuan rumah dalam menyambut para pemimpin Angkatan Darat ASEAN beserta delegasinya. Juga sebagai ajang menjaga jalinan persahabatan yang menjadi aset bersama untuk memajukan ASEAN.

Dalam acara tersebut, seluruh delegasi undangan dihibur kesenian tradisional Indonesia serta sajian kuliner khas Kota Bandung. Beberapa games ringan yang merupakan bentuk keramahan ala Indonesia juga disisipkan dalam acara tersebut untuk mencairkan suasana agar para tamu undangan bisa saling mengenal satu sama lain.


Editor : Zen Teguh