Prajurit TNI Penjaga Perbatasan Gagalkan Penyelundupan Senapan ke Malaysia, Ini Kronologinya

Bachtiar Rojab ยท Selasa, 14 Juni 2022 - 07:52:00 WIB
Prajurit TNI Penjaga Perbatasan Gagalkan Penyelundupan Senapan ke Malaysia, Ini Kronologinya
Personel Kotis Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 19/105 Trk Bogani dipimpin Serda Yehezkiyel dan Pratu Bugma Aziz Anggota Satgas Pamtas Yonarmed 19 berhasil menggagalkan penyelundupan senapan di perbatasan Indonesia-Malaysia. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Personel Kotis Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 19/105 Trk Bogani dipimpin Serda Yehezkiyel dan Pratu Bugma Aziz Anggota Satgas Pamtas Yonarmed 19 berhasil menggagalkan penyelundupan senapan di perbatasan Indonesia-Malaysia. Senapan itu rencananya akan dibawa ke Malaysia. 

Aksi tersebut terjadi saat Personil Pos 3 Kotis Satgas Pamtas Yonarmed 19/105 Tarik melaksanakan kegiatan Patroli. Satu orang warga Badau yang membawa 1 unit senapan angin jenis PCP Predator Mini Kaliber 4,5 mm asal Indonesia yang akan diselundupkan ke Lubuk Antu Sarawak Malaysia berhasil diamankan. 

“Kemudian didapatkan satu orang WNI hendak melintas menuju Malaysia dengan membawa barang yang mencurigakan dan kemudian dilaksanakan pemeriksaan di tempat. Berdasarkan hasil dari pemeriksaan barang bawaan tersebut, ditemukan senjata angin jenis PCP merek Predator Mini Kaliber 4.5 mm beserta dengan munisi satu kotak, ” ujar Dansatgas Letkol Arm Edi Yulian Budiargo, Selasa (14/6/2022). 

Lebih lanjut, Dansatgas turut mengamankan pelaku serta barang bukti Ke Pos Kotis Nanga Badau untuk dimintai keterangan. Dansatgas menyebut pihaknya selalu berupaya semaksimal mungkin untuk mencegah segala bentuk kegiatan ilegal di wilayah perbatasan. 

Berdasarkan dari hasil penangkapan tersebut, Dansatgas menyimpulkan masih ada masyarakat sekitar yang menyeludupkan barang melalui jalan-jalan tikus di perbatasan Indonesia-Malaysia. Dia menegaskan pengamanan terutama di jalan-jalan tikus tersebut akan lebih diperketat.

Editor : Rizal Bomantama

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda