Presiden Jokowi Akan Kembali ke IKN untuk Groundbreaking

Arie Dwi Satrio · Rabu, 17 Agustus 2022 - 16:34:00 WIB
Presiden Jokowi Akan Kembali ke IKN untuk Groundbreaking
Presiden Joko Widodo (foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan bakal kembali ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, sebelum memasuki bulan September. Jadwal kehadiran Jokowi ke IKN kali ini untuk peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan Istana Negara.

"Ke IKN jadi sebelum Agustus selesai. Ada ke IKN, ada ke daerah timur, pulau yang harus beliau kunjungi," kata Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/8/2022).

Heru mengaku saat ini sedang berkoordinasi dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono terkait rencana groundbreaking di kawasan IKN. Groundbreaking pertama yang akan dilakukan yakni terkait pembangunan Istana Negara.

"Istana negara. Ada dua insyallah. Insya Allah groundbreaking istana negara," tuturnya.

Sekadar informasi, pemerintah semakin mantap untuk memindahkan Ibu Kota Indonesia ke daerah Kalimantan Timur. Tepatnya, di dua Kabupaten yakni Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara (PPU). Pemerintah juga sudah resmi menetapkan nama Ibu Kota Negara yang baru tersebut yakni dengan sebutan 'Nusantara'.

Bahkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjuk dan melantik Bambang Susantono - Dhony Rahajoe sebagai Kepala serta Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Keduanya dilantik sebagai pemimpin IKN Nusantara pada Kamis, 10 Maret 2022.

Presiden Jokowi dan sejumlah menteri juga sempat camping dan bermalam di kawasan IKN, Kalimantan Timur, pada 15 Maret 2022. Masing-masing kepala daerah dari 34 provinsi juga sudah melakukan ritual mempersatukan tanah dan air dari masing-masing daerahnya di IKN Nusantara.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda