Prolegnas Prioritas 2020 Akan Disahkan di Paripurna DPR Selasa Pekan Depan

Felldy Utama ยท Jumat, 17 Januari 2020 - 00:15 WIB
Prolegnas Prioritas 2020 Akan Disahkan di Paripurna DPR Selasa Pekan Depan

Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR Supratman Andi Agtas. (Foto: iNews.id/Felldy Utama)

JAKARTA, iNews.id - Sebanyak 50 Rancangan Undang-Undang (RUU) masuk dalam program legislasi nasional (prolegnas) prioritas tahun 2020. Hasil kesepakatan DPR dan pemerintah itu akan dibawa ke sidang paripurna pekan depan atau tepatnya pada Selasa 21 Januari 2020 untuk disahkan.

Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR Supratman Andi Agtas mengatakan, pihaknya akan menyerahkan hasil kesepakatan tersebut ke meja pimpinan DPR pada hari ini untuk segera ditindaklanjuti. "Kita akan ajukan hari ini supaya hari Senin atau Selasa bisa dibawa ke Bamus (Badan Musyawarah)," katanya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/1/2020).

BACA JUGA: Pemerintah dan DPR Sepakati 50 RUU Masuk Prolegnas Prioritas 2020

Politikus Partai Gerindra ini berharap pada Selasa mendatang, 50 RUU Prolegnas prioritas Tahun 2020 bisa segera disahkan dalam rapat paripurna. "Kita berharap Selasa yang akan datang ini segera diputuskan dalam rapat paripurna supaya kerja-kerja legislasi di parlemen ini bisa kita laksanakan," ujarnya.

Sebelumnya, Badan Legislasi (Baleg) DPR bersama pemerintah menyepakati 50 Rancangan Undang-Undang (RUU) masuk dalam daftar program legislasi nasional (prolegnas) prioritas 2020. Dari pemerintah diwakili Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusian (Menkum HAM) Yasonna Hamonangan Laoly.

Ketua Baleg DPR Supratman Andi Agtas mengatakan, kesepakatan merupakan hasil rapat kerja bersama dengan pemerintah, DPR dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

"Alhamdulillah hari ini badan legislasi sudah selesai. Hasilnya adalah menetapkan 50 RUU prioritas tahun 2020," katanya di Ruang Pansus B, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (16/1/2020).


Editor : Djibril Muhammad