Puji Kapolri, Komisi III DPR: Irjen Pol Listyo Sigit Prabowo Kabareskrim Pilihan Terbaik

Felldy Utama ยท Sabtu, 07 Desember 2019 - 00:15 WIB
Puji Kapolri, Komisi III DPR: Irjen Pol Listyo Sigit Prabowo Kabareskrim Pilihan Terbaik

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni mengapresiasi keputusan Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis menunjuk Kadiv Propam Irjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai kepala Badan Reserse Kriminal (kabareskrim) Polri yang baru. Keputusan tersebut dinilai tepat.

"Terjawab sudah penggunaan hak prerogatif Kapolri dalam hal memilih kabareskrim baru dan terbukti bahwa pilihannya adalah yang terbaik," katanya saat dihubungi wartawan di Jakarta, Jumat (6/12/2019).

Politikus Partai Nasdem ini melihat, Listyo memiliki rekam jejak (track record) sangat baik di polisi. Menurut dia, hal tersebut dapat menjadi modal utama bagi Listyo saat menjabat kabareskrim nantinya.

"Telah bertugas selama 28 tahun sebagai perwira. Jabatan terakhirnya adalah Kadiv Propam (Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan) di Polri dan pernah menjadi Kasubdit di Bareskrim Polri dan beliau juga pernah menjabat sebagai Direskrimum (Direktur Reserse Kriminal Umum) di Polda Sulawesi Tenggara," tuturnya.

Rekam jejak yang baik tersebut, Sahroni menyatakan, menunjukkan Listyo memiliki integritas dan kompetensi yang mumpuni di bidang reserse. Dia meyakini, Listryo mampu menjalankan amanah barunya sebagai kabareskrim dengan optimal.

"Beliau juga sudah melewati mekanisme di Wanjakti (Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi) sehingga kemampuannya memimpin kabareskrim Polri sudah tidak perlu diragukan lagi," ujarnya.

Sahroni menyebut, jajaran Komisi III di DPR siap bekerja sama dan bersinergi dengan kabaresrim baru dalam menjalankan tugasnya itu.

"Selamat kepada Irjen Listyo, kami harapkan dengan amanah barunya ini, kabareskrim dapat terus meningkatkan hubungan kerja sama yang telah terjalin baik dengan lembaga lain seperti Kejaksaan RI maupun kami di DPR RI. Kami juga siap bersinergi dan bekerja sama dengan kabareskrim baru," katanya.

Editor : Djibril Muhammad