Puncak Arus Mudik di Soetta Mulai Hari Ini, Extra Flight Paling Banyak ke Daerah Mana?

Isty Maulida ยท Jumat, 29 April 2022 - 15:15:00 WIB
Puncak Arus Mudik di Soetta Mulai Hari Ini, Extra Flight Paling Banyak ke Daerah Mana?
Ilustrasi Bandara Soetta Dipadati Penumpang. Foto Azhfar M

TANGERANG, iNews.id - Puncak arus mudik di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) diperkirakan terjadi mulai hari ini, Jumat (29/4/2022) atau H-3 lebaran. Maskapai pun banyak mengajukan extra flight atau penerbangan tambahan. Paling banyak ke mana?

Menurut Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara (Otban) Wilayah 1 Kelas Utama Soekarno-Hatta, Capt. Yufridon Gandoz Situmeang diperkirakan akan ada 136.000 penumpang yang akan memadati Soetta hingga malam hari ini. Untuk menyiasati hal itu, maskapai banyak mengajukan extra flight.

Adapun, mayoritas rute permintaan tambahan ke arah Jawa Tengah dan Jawa Timur, serta sebagian wilayah Sumatera.

"Extra flight ini hampir semua maskapai mengajukan karena demand (permintaan) yang sangat tinggi, terutama mengarah ke Jawa Tengah, Jawa Timur, kemudian Sumatera juga ada. Kami dari regulator membuka peluang tersebut," tuturnya pada Jumat (29/4/2022).

Meski puncak arus mudik diperkirakan terjadi hari ini, kepadatan penumpang di Bandara Soetta masih akan terjadi hingga Sabtu 30, April 2022 mendatang. Sementara itu, Otban juga melihat pergerakan penumpang di Bandara Soetta naik secara signifikan dalam beberapa hari terakhir.

"Puncak arus mudik sebenarnya akan jatuh pada hari ini. Namun, tentunya kita melihat bahwa antusiasme masyarakat masih tinggi, sehingga besok juga kita akan melakukan pengawasan," ucap dia.

Hari ini diperkirakan ada sekitar 136.789 penumpang baik yang berangkat ataupun yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta. Pergerakan penumpang terbanyak berada di Terminal 2 dengan jumlah sekitar 64.782 penumpang. Sementara di Terminal 1 sebanyak 22.482 penumpang dan di terminal 3 sebanyak 49.525 penumpang. Adapun pergerakan pesawat hari ini diprediksi mencapai 896 penumpang.

Editor : Puti Aini Yasmin

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda