Putri Candrawathi Akan Bersaksi soal Kekerasan Seksual, tapi Minta Sidang Tertutup

Achmad Al Fiqri ยท Selasa, 06 Desember 2022 - 19:09:00 WIB
Putri Candrawathi Akan Bersaksi soal Kekerasan Seksual, tapi Minta Sidang Tertutup
Putri Candrawathi siap bersaksi soal kekerasan seksual (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Kuasa hukum Putri Candrawathi, Arman Hanis meminta kesaksian kliennya dalam sidang lanjutan kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir J dilakukan dalam sidang tertutup. Putri akan bersaksi untuk tiga terdakwa.

Ketiga terdakwa yang dimaksud Arman yakni Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E, Ricky Rizal, dan Kuat Ma'ruf. Permohonan itu, telah diajukan dalam surat tertanggal 27 Oktober 2022.

"Terkait permohonan agar pemeriksaan Ibu Putri sebagai saksi maupun terdakwa dapat dilakukan secara tertutup yang mulia karena menyangkut tindakan kekerasan seksual," ujar Arman, dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (6/11/2022).

Menanggapi permohonan itu, Ketua Majelis Hakim Wahyu Iman Santoso mengaku tak bisa langsung mengabulkannya. Pasalnya, Putri didakwa melakukan pembunuhan berencana Brigadir J.

"Bahwa dalam tindak pidana tersebut ada asusila itu merupakan kebetulan dan kita mungkin meminta teman-teman pers maupun pengunjung akan lebih selektif," tutur Wahyu.

Lantas, Arman memebeberkan dasar hukum kliennya dapat bersaksi dalam sidang tertutup. Adapun dasar hukumnya yakni pedoman mengadili perkara perempuan berhadapan dengan hukum, yang disusun MK, masyarakat pemantau keadilan Indonesia, dan Fakultas Hukum UI yang diterbitkan 2017.

"Saksi yang memberikan keterangan terkait kekerasan seksual dapat dilakukan pemeriksaan dengan secara tertutup. Itu dasar hukumnya ada, Yang Mulia, bukan hanya tindak pidana kekerasan seksual," tutur Arman.

Mendengar itu, Wahyu pun langsung mengubah jadwal saksi yang dihadirkan besok, yang semula Putri Candrawathi menjadi Ferdy Sambo.

"Kalau begitu kita ubah dulu untuk besok, yang kita periksa adalah saudara Ferdy Sambo dulu. Baru hari Seninnya kita jadwalkan untuk saudara Putri Candrawathi," ujar Wahyu.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda