Ramai #MendikbudDicariMahasiswa, Komisi X DPR Siap Fasilitasi Audiensi

Felldy Utama ยท Rabu, 03 Juni 2020 - 13:59 WIB
Ramai #MendikbudDicariMahasiswa, Komisi X DPR Siap Fasilitasi Audiensi

Ketua Komisi X DPR, Syaiful Huda. (Foto: IG)

JAKARTA, iNews.id - Komisi X DPR menyatakan siap memfasilitasi audiensi antara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim dengan mahasiswa. Hal itu diungkapkan Ketua Komisi X DPR, Syaiful Huda menanggapi ramainya tagar #MendikbudDicariMahasiswa dan #NadiemManaMahasiswaMerana.

Tagar ini muncul sebagai bentuk ruang keluh kesah mahasiswa yang menyampaikan aspirasinya mengenai Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang tetap tanpa penurunan. Padahal saat ini perkuliahan dilakukan via daring karena dampak pandemi virus corona (Covid-19) di Tanah Air.

"Kami menilai ramainya tagar #MendikbudDicariMahasiswa sebagai bentuk kebuntuan komunikasi antara para mahasiswa dengan jajaran Kemendikbud. Jika diperlukan kami siap mencairkan kebuntuan komunikasi tersebut dengan mengundang Mendikbud maupun perwakilan Aliansi BEM untuk bicara bersama," kata Huda, kepada wartawan, Rabu (3/6/2020).

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menilai wajar jika kemudian mahasiswa protes terhadap UKT yang tetap tanpa penurunan. Padahal, menurut dia, seharusnya biaya UKT dapat kembali disesuaikan atau direlaksasi berdasarkan pertimbangan dampak pandemi.

Di tengah pandemi Covid-19, Huda mengaku, tidak sedikit dari orang tua mahasiswa, yang notabene sebagai penanggung UKT ikut mengalami penurunan atau bahkan kehilangan penghasilan.

"UKT merupakan model pembayaran kuliah yang berbasis penghasilan orang tua, jika banyak orang tua yang mengalami penurunan pendapatan selama wabah Covid-19 maka sudah sewajarnya ada kebijakan relaksasi besaran UKT yang harus dibayarkan oleh mahasiswa," ujarnya.

Untuk diketahui, jagat media sosial dihebohkan dengan kemunculan #MendikbudDicariMahasiswa. Para mahasiswa mendesak agar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim segera mengeluarkan kebijakan penurunan UKT di tengah pandemi Covid-19.

Editor : Djibril Muhammad