Ratna: Dewan Pers Tak Pernah Kecam Gubernur Banten

Irfan Ma'ruf ยท Rabu, 22 Agustus 2018 - 20:55 WIB
Ratna: Dewan Pers Tak Pernah Kecam Gubernur Banten

Dewan Pers menyatakan tidak pernah mengeluarkan pernyataan yang mengecam Gubernur Banten Wahidin Halim sebagaimana ditulis Radar Banten. (Foto:Dewan Pers).

JAKARTA, iNews.idDewan Pers tidak pernah mengeluarkan pernyataan mengecam Gubernur Banten Wahidin Halim sebagaimana diberitakan harian Radar Banten (Jawa Pos Group). Dengan demikian pemberitaan tersebut tidak benar.

Anggota Dewan Pers Ratna Komala mengatakan, terkait pertanyaan wartawan Radar Banten yang mengaku diboikot Gubernur Banten, Dewan Pers mempersilakan Radar Banten untuk datang ke lembaga tersebut.

”Dewan Pers menyarankan Radar Banten mengadukan ke Dewan Pers apabila ada bukti Gubernur Banten memboikot media tersebut,” kata Ratna di Jakarta, Rabu (22/8/2018).

Namun dari pernyataan tersebut, Radar Banten justru memberitakan bahwa Dewan Pers telah mengecam Gubernur Banten. Dalam pemberitaannya, Radar Banten menyebut tindakan Wahidin Halim telah menghalang-halangi kebebasan pers.

Radar Banten juga menyebut gubernur yang menghalangi kebebasan pers sama saja dengan bertindak destruktif. Ratna menegaskan, pemberitaan Radar Banten tidak sesuai dengan apa yang disampaikan Dewan Pers.

”Apa yang dilakukan Radar Banten menggunakan kata-kata yang menghakimi dan memfitnah Dewan Pers termasuk pelanggaran Kode Etik jurnalistik,” kata dia.

Editor : Zen Teguh