Rencana Latihan Bersama ASEAN dengan AL Rusia, Indonesia Pimpin Rapat Pembahasan

Riezky Maulana · Kamis, 14 Oktober 2021 - 07:35:00 WIB
Rencana Latihan Bersama ASEAN dengan AL Rusia, Indonesia Pimpin Rapat Pembahasan
Indonesia memimpin rapat pembahasan latihan bersama ASEAN dan Angkatan Laut Rusia. (Foto: TNI)

JAKARTA, iNews.id - Direktur Kerja Sama Internasional Pertahanan Direktorat Jenderal Strategi Pertahanan Kemhan, Brigjen Binsar Parluhutan Sianipar memimpin pertemuan secara virtual ASEAN-Russia Naval Exercise Initial Planning Conference (ARNEX IPC), Rabu (13/10/2021) secara virtual. Sianipar didapuk sebagai Ketua Delegasi Indonesia.

Pertemuan ARNEX IPC ini diselenggarakan Indonesia bersama Rusia selaku ketua bersama dan diikuti perwakilan delegasi dari negara-negara ASEAN serta perwakilan dari Sekretariat ASEAN. Tujuan pertemuan ini untuk membahas rencana pelaksanaan latihan Angkatan Laut (AL) ASEAN-Rusia.

Sianipar dalam sambutannya menuturkan, ARNEX IPC merupakan pertemuan awal beberapa hal terkait latihan. Mulai dari membahas skenario latihan, komitmen personel hingga aset dari negara-negara peserta.

Kegiatan yang rencananya akan dilaksanakan pada akhir tahun 2021 bertujuan meningkatkan kerja sama dan interaksi antara Angkatan Laut Rusia dengan negara ASEAN. Terlebih, hubungan ASEAN dan Rusia telah terjalin dengan baik.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: