Ribuan Pemudik Asal Jabar Mendominasi Kedatangan di Terminal Kampung Rambutan

Aditya Pratama ยท Minggu, 09 Juni 2019 - 13:09 WIB
Ribuan Pemudik Asal Jabar Mendominasi Kedatangan di Terminal Kampung Rambutan

Penumpang tiba di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur pada Minggu (9/6/2019) siang. Lebih dari 6.000 pemudik datang ke terminal ini sejak pukul 00.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB tadi pagi. (Foto: iNews.id/Aditya Pratama).

JAKARTA, iNews.id, – Ribuan pemudik dari berbagai daerah terus berdatangan ke Jakarta. Di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, sebagian besar pemudik datang dari Jawa Barat.

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Terminal Kampung Rambutan Thofik Winanto mengatakan, kedatangan penumpang di Terminal Kampung Rambutan hingga Sabtu (8/6/2019) kemarin sebanyak 18.158 penumpang. Puncak arus mudik di terminal ini diestimasikan pada 8-9 Juni 2019.

Pemudik mulai berdatangan di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur pada Sabtu (8/9/2019). (Foto: Antara/Akbar Nugroho G).

"Untuk hari ini dari pukul 00.00 WIB sampai 10.00 WIB sudah 6.000 (penumpang). Artinya sudah semakin banyak masyarakat Jakarta yang sudah kembali ke Jakarta," kata Thofik di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Minggu (9/6/2019).

BACA JUGA: One way di Tol Cikampek, Pengendara dari Jakarta Diarahkan Keluar Cikarang Barat

Thofik menuturkan, sebagian besar penumpang yang tiba melalui Terminal Kampung Rambutan dari Jawa Barat, antara lain Banjar, Tasikmalaya, dan Garut. Sebagian kecil lain dari Jawa Timur dan Jawa Tengah.

”Dari arah Sumatera itu sebagian dari arah Merak. Jadi pemudik dari Jabar itu mendominasi, kedua dari Jateng seperti Cilacap, Purwokerto, dan Tegal," ujarnya.

Dia memperkirakan 20.000 penumpang akan tiba di terminal ini. Untuk memberikan rasa aman bagi pemudik, pada masa Lebaran ini personel Polri dan TNI terus bersiaga.


Editor : Zen Teguh