Rizieq Shihab Syarat Rekonsiliasi, TKN: Jangan-Jangan Ada Deal dengan Prabowo

Aditya Pratama ยท Jumat, 12 Juli 2019 - 18:45 WIB
Rizieq Shihab Syarat Rekonsiliasi, TKN: Jangan-Jangan Ada Deal dengan Prabowo

Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab di Jakarta beberapa waktu lalu. TKN Jokowi menilai kepulangan Rizieq tidak ada hubungannya dengan Pilpres 2019. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id, –Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf heran dengan kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang menginginkan kepulangan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab sebagai syarat rekonsiliasi. Keberadaan Rizieq dianggap tidak ada sangkut-pautnya dengan Pilpres 2019.

Juru Bicara TKN Arya Sinulingga menilai, kepulangan Rizieq Shihab tidak terlalu signifikan dalam upaya rekonsiliasi. Sebab, urusan Rizieq Shihab tidak termasuk ke dalam politik.

"Ya kalau Habib Rizieq ini tidak ada kaitannya dengan politik. Beliau pergi sebelum pilpres dan bukan diusir. Kecuali diusir, pemerintah itu boleh (bantu). Ini gak diusir kok, dan pergi sebelum pilpres. Gak ada urusan pilpres," ujar Arya di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (12/7/2019).

BACA JUGA: Soal Rekonsiliasi, Luhut: Apa Urusannya dengan Rizieq?

Ketua DPP Partai Perindo ini bahkan mempersilakan Rizieq Shihab untuk kembali ke Indonesia. Apalagi kepergiannya ke Arab Saudi juga sama sekali tidak ada urusannya dengan pemerintahan.

"Kalau beliau (Rizieq Shihab) mau pulang, pulang saja. Gak ada urusan pilpres dulu dia pergi. Pilpres belum dimulai HRS (Habib Rizieq Shihab) sudah pergi," kata Arya.

Juru Bicara TKN Jokowi-Ma'ruf, Arya Sinulingga memberikan keterangan pers di Jakarta, Jumat (12/7/2019). (Foto: iNews.id/Aditya Pratama).

Keberadaan Rizieq kembali menjadi polemik setelah BPN Prabowo-Sandi mengait-kaitkannya dengan rencana rekonsiliasi Prabowo-Jokowi. Mantan Koordinator Juru Bicara BPN Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak menyebut rekonsiliasi tersebut dapat dimulai dengan memulangkan Rizieq dari Saudi.

Arya menuturkan, karena kubu Prabowo-Sandi yang selalu menginginkan Rizieq pulang, media perlu mempertanyakan apakah ada kesepakatan tertentu antara mantan komandan jenderal Kopassus itu dengan Rizieq. TKN memandang kepulangan Rizieq bukan sesuatu yang harus dipolemikkan.

BACA JUGA: Prabowo dan Amien Rais Bertemu Rizieq Shihab di Arab Saudi

"Apakah ada deal antara Prabowo dan HRS? Coba tanya Prabowo. Misalnya kalah, menang harus bagaimana. Jangan-jangan ada deal antara mereka. Jadi bukan antara Prabowo dan Jokowi, justru jangan-jangan ada deal antara Prabowo dan HRS," tutur dia.


Editor : Zen Teguh