Rumus Kang Maman di Masa Pandemi: Adaptif dan Kreatif plus Kolaboratif

Irfan Ma'ruf ยท Selasa, 20 Oktober 2020 - 17:59:00 WIB
Rumus Kang Maman di Masa Pandemi: Adaptif dan Kreatif plus Kolaboratif
Pegiat literasi Maman Nugraha di Webinar Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Jumat, (16/10/2020). (Foto: BNPB).

JAKARTA, iNews.id – Para pekerja kreatif seharusnya tidak diam, melainkan terus memutar otak untuk tetap berkarya. Kreativitas sangat diperlukan meski badai pandemi Covid-19 belum berkesudahan.

“Apapun yang terjadi, kolaborasi dan kreativitas tidak boleh berhenti. Ini saatnya teman-teman kreatif harus menunjukan mampu beradaptasi dalam segala situasi agar dapat terus produktif," kata Maman Nugraha, pegiat literasi yang diundang sebagai narasumber di Webinar Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Jumat (16/10/2020).

Pria yang akrab disapa Kang Maman ini membagikan ‘rumus 7K’ jika ingin bertahan pada situasi apapun, termasuk pandemi. Rumus 7K itu kemampuan ‘komunikasi’ yang baik secara oral maupun tulisan, ‘kreativitas’, ‘keingintahuan’ yang tinggi, ‘kritis’ dalam berpikir, ‘kolaboratif’, kemampuan untuk beradaptasi, dan kemampuan menganalisis.

Beradaptasi menjadi hal fundamental di masa pandemi. Maman menjadikan dirinya sebagai contoh. Dia menerbitkan delapan buku di saat seperti ini.

Editor : Zen Teguh