Saksi Sebut Hendra dan Agus Nurpatria Dalami Kasus Brigadir J tanpa Surat Perintah, Pengacara Tunjukkan Bukti

Ari Sandita Murti · Kamis, 01 Desember 2022 - 13:46:00 WIB
Saksi Sebut Hendra dan Agus Nurpatria Dalami Kasus Brigadir J tanpa Surat Perintah, Pengacara Tunjukkan Bukti
Ilustrasi sidang di PN Jakarta Selatan. (Foto: MPI/Ari Sandita Murti)

JAKARTA, iNews.id - Saksi dari anggota Propam Polri, Radite Hernawa dicecar terkait persoalan sprindik dan surat perintah dalam sidang dugaan kasus obstruction of justice dengan terdakwa Hendra Kurniawan dan Agus Nurpatria pada Kamis (1/12/2022) ini. Sempat ada perbedaan keterangan antara saksi dan bukti.

Awalnya, Radite menyebutkan ada pelanggaran yang terjadi dalam penyelidikan kasus kematian Brigadir J menyangkut Perkap nomor 1. 

Dalam kasus tersebut tak dilengkapi sprindik, surat perintah, hingga surat lainnya. Dia tak ditunjukkan terkait surat-surat tersebut sehingga penyelidikan kasus tersebut dinilai melanggar prosedur.

"Kok bisa berkesimpulan seperti itu, kenapa melanggar itu? Prosedur apa yang tidak sesuai?" tanya hakim di persidangan, Kamis (1/12/2022).

"Karena tidak sesuai dengan prosedur saja Yang Mulia. Kalau di sini kan jelas awal mula melakukan penyelidikan itu kan harus ada sprindik, ada surat perintah, tapi kan kami tidak ditunjukkan," jawab Radite.

Menurut Radite, dia tak bertanya soal ada tidaknya surat-surat tersebut pada terdakwa yang kala itu menjabat sebagai Karo Paminal maupun Kaden A Biro Paminal Div Propam Polri lantaran dia tak memiliki kewenangan tersebut. Dia juga tak punya kewenangan untuk menangani penyelidikan tersebut.

"Tidak ada karena kami tidak menangani kasus tersebut Yang Mulia," tuturnya.

Tim pengacara terdakwa lantas mencecar Radite soal kewenangan Karo Paminal dalam menerbitkan surat perintah penyelidikan (Sprindik). Radite mengaku Karo Paminal memang memiliki kewenangan tersebut. 

Pengacara juga mencecar pernyataan saksi yang menyebutkan, Hendra Kurniawan dan Agus Nurpatria terkait penyelidikan kematian Brigadir J itu tak sesuai Perkap dan Perkadiv.

"Apa penjelasan yang bisa disimpulkan bahwa perbuatan tidak sesuai dengan tupoksi?" tanya pengacara.

"Dalam penyampaian penjelasan dalam penyidik tidak pernah disampaikan adanya laporan informasi atau surat perintah," jawab Radite.

Pengacara lalu memperlihatkan surat perintah tugas penyelidikan itu. 

Pengacara menyebutkan, keterangan Radite dalam BAP dinilai tak sesuai.

"Tadi saudara katakan, saya belum pernah melihat itu, saya tidak tahu. Sekarang setelah melihat, pertanyaan saya apakah saudara masih tetap pada keterangan di sini?" tanya pengacara.

"Tidak," jawab Radite.

"Berarti yang ini sudah dicabut?" tanya pengacara lagi.

"Siap," tutur Radite.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda