Sambut Usulan Bawaslu, Perindo Nilai TPS di Kampus Bisa Tekan Golput

Vendi Y Susanto ยท Selasa, 12 Februari 2019 - 21:04 WIB
Sambut Usulan Bawaslu, Perindo Nilai TPS di Kampus Bisa Tekan Golput

Perindo menilai pendirian TPS di kampus dapat mengurangi angka golput terutama di pemilih milenial. (Foto: ilustrasi/okezone).

JAKARTA, iNews.id – Partai Perindo menyambut baik usulan Bawaslu Kota Malang tentang pendirian tempat pemungutan suara (TPS) di kampus. Langkah itu dinilai bisa menjadi upaya untuk menekan angka golongan putih (golput) terutama di kalangan milenial.

Ketua Bidang Hukum dan HAM DPP Partai Perindo Christophorus Taufik tidak mempersoalkan jika kampus ingin mendirikan TPS di lingkungan mereka.

“Setiap upaya untuk mempermudah pemilih menggunakan hak pilihnya harus didukung dan diapresiasi termasuk diperbolehkannya kampus untuk mendirikan TPS,” ujar calon anggota legislatif (caleg) DPR Dapil V Malang Raya ini saat dihubungi, Selasa (12/2/2019).

BACA JUGA: 2,2 Juta Surat Suara Pilpres Tiba di Gudang KPU Jakarta Timur

Kendati demikian, dia mengingatkan agar pihak kampus yang akan mendirikan TPS dapat memenuhi standar atau fasilitas yang diperlukan pada hari H pencoblosan. Salah satunya mengenai pengamanan, termasuk mekanisme terkait pemilih yang tidak berdomisili sesuai KTP.

Mekanisme yang dimaksud yakni terpenuhinya dokumen pindah memilih atau Form A5 untuk menggunakan hak pilihnya pada 17 April 2019.

Untuk diketahui, Bawaslu Kota Malang memperbolehkan kampus untuk mendirikan TPS agar mahasiswa yang berada di luar daerah domisilinya bisa menyalurkan hak pilihnya di Pemilu Serentak 2019.

Bawaslu berpandangan, TPS di kampus menjadi solusi ketika mahasiswa tidak dapat kembali ke kampung halamannya untuk memilih. Sesuai aturan yang berlaku, TPS baru bisa didirikan jika pengguna hak pilih lebih dari 200 orang.


Editor : Zen Teguh