Sandiaga Uno Usul Zona Merah Corona Dijaga Aparat

Sindonews, Rico Afrido Simanjuntak ยท Kamis, 26 Maret 2020 - 20:07 WIB
Sandiaga Uno Usul Zona Merah Corona Dijaga Aparat

Mantan Wakil Gubernur Jakarta, Sandiaga Uno. (Foto: iNews.id/Felldy Utama)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah Indonesia hingga kini belum mau melakukan penguncian akses atau lockdown untuk mencegah penularan virus corona. Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Sandiaga Uno mengusulkan agar zona merah penyebaran virus corona dijaga aparat keamanan untuk mendisplinkan masyarakat melakukan social distancing.

Sandiaga mengatakan pemerintah pusat dan pemerintah daerah tak perlu saling silang pendapat mengenai kebijakan lockdown atau tidak. Menurutnya pemerintah sebaiknya memetakan status masing-masing daerah berdasarkan kerawanan wabah corona.

"Kalau sudah ada zona merah harus ada pembatasan yang lebih disiplin dengan menurunkan aparat seperti Satpol PP dan Dishub untuk mengingatkan. Bagi saya tidak ada kompromi," katanya kepada wartawan, Kamis (26/3/2020).

Sandiaga mengatakan pemerintah bisa melakukan pemetaan berdasarkan data dari BNPB maupun Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona. Menurutnya pendisiplinan dibutuhkan agar keselamatan dan kesehatan masyarakat terjamin.

Jika opsi lockdown diambil, Sandiaga menilai pemerintah harus siap mencukupi kebutuhan masyarakat. Menurutnya semua opsi memiliki dampak masing-masing.

"Kalau lockdown, masyarakat tidak dapat makan atau uang sehari-hari. Di situ negara harus hadir memberikan paket bantuan," ujarnya.


Editor : Rizal Bomantama