Satgas Covid-19 Sebut Vaksin Milik Sinovac Salah Satu Paling Maju di Dunia

Dita Angga, Sindonews ยท Rabu, 12 Agustus 2020 - 04:30 WIB
Satgas Covid-19 Sebut Vaksin Milik Sinovac Salah Satu Paling Maju di Dunia

Vaksin Covid-19 Sinovac yang saat ini sedangkan dikembangkan bersama Bio Farma di Indonesia. (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menyebut dunia saat ini berlomba untuk bisa melindungi rakyatnya dari Covid-19. Perlindungan itu antara lain dilakukan dengan upaya menciptakan vaksin.

Upaya itu juga dilakukan oleh Pemerintah Indonesia yang saat ini bekerja sama dengan perusahaan asal China, Sinovac, untuk mengembangkan vaksin. Konsorsium Sinovac dan PT Bio Farma (Persero) diyakini sebagai pihak yang memiliki kandidat vaksin paling maju.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, selain dengan Sinovac, ada beberapa kandidat vaksin yang sudah masuk pada tahap uji klinis. Pemerintah, kata dia, akan mencari vaksin tercepat dan terbaik

“Dan tentunya kita akan mencari yang terbaik dan tercepat. Tapi yang disebut itu harus aman dan efektif bagi seluruh masyarakat Indonesia. Proses itu selalu diperhatikan oleh pemerintah untuk memastikan keamanan dan keefektifan vaksin tersebut,” kata Wiku dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan, Selasa (11/8/2020).

Wiku sebelumnya menuturkan, terdapat 188 kandidat vaksin yang tengah dikembangkan. Sebanyak 139 di antaranya masuk ke dalam tahap pre-klinis.

Selain itu terdapat 25 kandidat vaksin yang berproses di kandidat vaksin dengan uji klinis tahap I, 17 kandidat vaksin dengan uji klinis tahap II dan 7 yang berada pada uji klinis tahap II.

Editor : Zen Teguh