Satgas MPU TNI Konga Juarai Kejuaraan Catur UNIFIL di Lebanon Selatan

Ilma De Sabrini ยท Kamis, 18 April 2019 - 17:27 WIB
Satgas MPU TNI Konga Juarai Kejuaraan Catur UNIFIL di Lebanon Selatan

Kontingen Satgas MPU TNI Konga bersama kontingen negara lain saat berfoto bersama usai penyerahan hadiah kejuaraan catur antarpasukan perdamaian. (Foto: Dispenad)

JAKARTA, iNews.id – Prestasi membanggakan ditingkat internasional kembali ditorehkan Satgas Military Police Unit (MPU) TNI Konga XXV-K/UNIFIL. Perwakilan kontingennya berhasil menjuarai ajang UNIFIL Chess Open Championship 2019 atau kejuaran catur antarpasukan pemelihara perdamaian PBB, yang diselenggarakan UNIFIL Level II Hospital di Naqoura, Lebanon Selatan.

Komandan Satgas MPU Kontingen Garuda Letkol Cpm Sony Yusdarmoko mengatakan, anggota MPU TNI peraih juara pertama dalam kejuaraan tersebut yakni Pelda Pom Nuriman. Dia menjadi yang nomor satu setelah di partai puncak mengalahkan Capt Gonzales dari Spanyol.

“Pelda Pom Nuriman menang di final mengalahkan Capt Gonzales dari Spanyol dan menjuarai UNIFIL Chess Open Championship 2019,” ujar Sony, Kamis (18/4/2019).


Sony menyampaikan, pertandingan kejuaraan catur antarKontingen itu berlangsung selama tiga hari sejak 15 April hingga 17 April 2019. Pesertanya berasal dari sejumlah kontingen negara yang tengah bertugas di Lebanon sebagai pasukan pemeliharaan perdamaian dunia.

BACA JUGA: Satgas TNI Konga Amankan Mortir Temuan Warga di Afrika Tengah

“Dalam UNIFIL Chess Open Championship 2019 ini, kita dari Satgas MPU TNI Konga XXV-K/UNIFIL menurunkan empat atlet catur terbaik,” kata Sony.

Dari empat anggota tersebut, dua orang diantaranya berhasil lolos ke semifinal salah satunya yakni Pelda Nuriman.

“Tadinya harapan kita, ada all Indonesian Final. Namun hanya Pelda Pom Nuriman yang berhasil lolos masuk final. Namun kita patut bersyukur karena Pelda Pom Nuriman berhasil menjadi juara pertama dengan mengalahkan kontingen Spanyol di partai final kemarin,” tuturnya.

Atas prestasi yang ditorehkan anggotanya tersebut, lulusan Akmil tahun 2000 ini pun mengungkapkan rasa bangganya. Karena menurutnya, kemenangan ini bukan hanya mengharumkan nama Satgas MPU dan Kontingan Garuda saja, melainkan mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional.

Selain itu, kemenangan ini menjadi kebanggaan bagi Satgas MPU Konga XXV-K/UNIFIL yang bertugas sebagai Sector East Military Police Unit (SEMPU). Sekaligus menjadi kemenangan kedua setelah pada pertandingan tenis meja beberapa waktu lalu juga keluar sebagai juara.

Kejuaraan ini ditutup dengan pemberian hadiah oleh Chief UNIFIL Level II Hospital Lt Col Vikas Chawla kepada para juara. Mereka yakni juara pertama Pelda Nuriman, urutan kedua dan ketiga Cpt Gonzales dan Cpl Rubines, yang keduanya berasal dari Spanyol.


Editor : Donald Karouw