Sempat Kebingungan, Pegawai Kemenhub Akhirnya Dipindah ke Kemayoran

Aditya Pratama ยท Senin, 09 Juli 2018 - 13:13 WIB
Sempat Kebingungan, Pegawai Kemenhub Akhirnya Dipindah ke Kemayoran

Pegawai Kemenhub tak bisa masuk ke ruang kerja di Gedung Karya karena terbakar. Mereka akhirnya dipindahkan ke beberapa kantor lain, Senin (9/7/2018). (Foto: iNews.id/Aditya Pratama).

JAKARTA, iNews.id – Sempat kebingungan karena ruang kerja mereka terbakar, pegawai Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akhirnya mulai mendapat kejelasan untuk berkantor. Mereka akan dipindahkan ke beberapa ruang di gedung milik Kemenhub.

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub Baitul Ikhwan mengatakan, hingga saat ini Gedung Karya Kemenhub belum bisa ditempati pascakebakaran pada Minggu (8/7/2018) pagi lalu.

Untuk itu, Kemenhub melakukan pembagian ruangan agar para pegawai yang biasa beraktivitas di Gedung Karya dapat terus bekerja.

"Jadi pengaturannya sebagian kita letakkan di (kantor) Jalan Medan Merdeka Timur, ada juga di Kemayoran. Begitu juga pengaturan di dua gedung yang ada di sekitar kita,” kata Baitul dalam konferensi pers di Gedung Kemenhub, Jakarta, Senin (9/7/2018).

Dia menjelaskan, pengaturan penting karena di Gedung Karya terdapat pegawai dari empat subsektor (ditjen) di Kemenhub yakni darat, laut, udara, dan perkeretaapian. ”Sangat mengganggu kinerja kalau kita tidak cepat melakukan penataan terhadap karyawan kita yang melakukan kerja," ujarnya.

Insiden kebakaran melanda Gedung Karya Kemenhub di Jalan Medan Merdeka Barat Nomor 8 Jakarta Pusat, sekitar pukul 04.10 dini hari WIB. Sebanyak 20 korban berhasil diselamatkan dalam musibah itu. Sementara, tiga korban lainnya tewas karena terlalu banyak menghirup karbon monoksida (CO) dalam pekatnya asap kebakaran.

Dari tiga korban, satu merupakan pegawai Kemenhub dan dua lainnya pekerja. Berdasarkan data Kemenhub, ada beberapa pekerja yang sedang melakukan renovasi di gedung tersebut. Proses evakuasi sempat terkendala. Asap yang terlalu pekat menyebabkan sulitnya petugas pemadam kebakaran (damkar) menembus tiap-tiap lantai di gedung itu.

Pantauan di Kemenhub, para pegawai sempat kebingungan ketika datang berkantor tadi pagi. Karena Gedung Karya tak bisa ditempati, mereka akhirnya hanya duduk-duduk di depan kantor Kemenhub. Sebagian berada di trotoar Jalan Merdeka Barat.

Baitul menuturkan, selain ruang kerja pegawai, pelayanan di Kemenhub juga belum dapat berlangsung normal dampak dari kebakaran.

”Terhadap pihak ketiga yang ingin melakukan suatu perizinan atau sebagainya belum bisa kita layani dengan baik karena saat ini kami masih menata kondisi yang ada di kantor ini, kita harapkan paling tidak besok sudah bisa berjalan normal," tuturnya.

Mengenai penyelidikan atas peristiwa kebakaran ini, dia menerangkan bahwa kepolisian masih melakukan investigasi. Di sisi lain Kemenhub juga melakukan evaluasi atas kejadian ini."Jadi masih dalam evaluasi dan penyelidikan," katanya.

Editor : Zen Teguh