Soal Keberadaan Harun Masiku, Desmond Lebih Percaya Ronny daripada Yasonna

Felldy Utama ยท Kamis, 23 Januari 2020 - 07:29 WIB
Soal Keberadaan Harun Masiku, Desmond Lebih Percaya Ronny daripada Yasonna

Wakil Ketua Komisi III DPR, Desmond J Mahesa. (Foto: iNews.id/Felldy Utama)

JAKARTA, iNews.id – Wakil Ketua Komisi III DPR, Desmond J Mahesa, mengaku lebih percaya pada pernyataan Dirjen Imigrasi Kemenkumham, Ronny F Sompie, daripada Menkumham Yasonna H Laoly soal keberadaan buron kasus suap, Harun Masiku. Kemarin, Ronny menyampaikan klarifikasi bahwa Harun sudah berada di Indonesia sejak 7 Januari lalu.

Sementara, pernyataan Yasonna Laoly pada 16 Januari lalu malah bertolak belakang dengan Ronny. Ketika itu Yasonna menyebut Harun masih berada di luar negeri dengan ungkapan “Pokoknya belum di Indonesia”.

“Ya kita percaya dirjen (Ronny) dong daripada menteri (Yasonna),” kata Desmond di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu (22/1/2020).

BACA JUGA: KPK Ingin Jaga Hubungan Baik dengan Imigrasi, Anggap Info soal Harun Masiku Bukan Hoaks

Politikus Partai Gerindra itu melihat ada sejumlah hal yang sengaja ditutupi Yasonna atas pernyatannya kala itu. Oleh karena itu, dia menilai wajar saja jika pernyataan Yasonna ternyata berbeda dengan anak buahnya. “Ada dua hal. Pertama, Pak Laoly susah membedakan antara dia sebagai menteri dan orang partai. Masak kita percaya omongan dia? Harusnya dia malu kan?” ucap Desmond.

“Ada apa dengan kepemimpinan Menteri Laoly di Kemenkumham yang berbeda dengan dirjen Imigrasi? Berarti kan menteri tidak punya wibawa. Kalau menteri punya wibawa, dirjen Imigrasi ikut menutupi berbohong. Ya berarti (Yasonna) kan gak punya wibawa,” ujarnya.

Saat disinggung dalih yang diberikan Dirjen Ronny soal adanya keterlambatan dalam sistem Imigrasi dalam melacak Harun, Desmond menilai alasan tersebut tidak masuk akal.


Editor : Ahmad Islamy Jamil