Sudah Keluarkan 169 Rekomendasi Pilkada, Ini Keuntungan bagi PDIP

Antara ยท Kamis, 13 Agustus 2020 - 21:49 WIB
Sudah Keluarkan 169 Rekomendasi Pilkada, Ini Keuntungan bagi PDIP

Megawati Soekarnoputri (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Hingga kini PDIP telah mengeluarkan 169 rekomendasi calon kepala daerah dari 270 Pilkada yang digelar serentak pada 9 Desember 2020. Peneliti politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Aisah Putri Budiarti memandang PDIP memiliki sejumlah keuntungan dengan keputusan tersebut.

Seperti diketahui 169 rekomendasi itu dikeluarkan dalam tiga gelombang. Pada gelombang ketiga yang diumumkan dua hari lalu, PDIP mengeluarkan rekomendasi bagi 75 kepala daerah.

Putri mengatakan PDIP kini memiliki banyak waktu untuk memikirkan strategi pemenangan, pemetaan konstituen, metode kampanye, dan hal lainnya secara tepat. Jika waktu yang ada dimanfaatkan secara baik, Putri mengatakan PDIP bisa saja meraup banyak kemenangan di Pilkada 2020.

"Mereka punya keuntungan untuk mematangkan strategi," ucapnya di Jakarta, Kamis (13/8/2020).

Selain itu Putri mengatakan banyaknya rekomendasi calon kepala daerah yang sudah dikeluarkan PDIP menunjukkan kesiapan partai yang matang. Terutama proses kaderisasi dan seleksi yang sudah dilakukan sejak jauh hari secara rapi.

"PDIP termasuk paling awal mengusung calon dan ini menunjukkan kepercayaan diri serta keinginan menang yang kuat," katanya.

Editor : Rizal Bomantama