Survei CiGMark: Kepuasan Publik Terhadap Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin Capai 62,7 Persen

riana rizkia ยท Selasa, 05 Juli 2022 - 16:32:00 WIB
Survei CiGMark: Kepuasan Publik Terhadap Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin Capai 62,7 Persen
Survei CiGMark merekam kepuasan publik terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin mencapai 62,7 persen. (FOTO: Antara/Akbar Nugroho Gumay)

JAKARTA, iNews.id - Kepuasaan publik terhadap pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin tercatat mencapai 62,7 persen. Hal tersebut terekam dalam hasil survei yang dilakukan lembaga CiGMark.

Dalam survei yang dilakukan pada 9-7 Juni 2022 tersebut, responden menyatakan kepuasan terhadap kinerja presiden dan wakil presiden sebanyak 62,7 persen. Lalu untuk penilaian perorangan, sebanyak 68,1 persen responden menyatakan sangat atau cukup puas kepada Jokowi sebagai presiden Indonesia. 

Sedangkan untuk kepuasan terhadap Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin sebanyak 45,5 persen yang menyatakan sangat/cukup puas. 

Selain peta politik, survei ini juga menggali persepsi publik dalam menilai kondisi Indonesia saat ini. Salah satunya yakni terkait isu kerukunan beragama dan keamanan nasional.

Untuk kerukunan antarumat beragama sebanyak 90,3 persen responden menilai sangat baik/baik. Soal masalah keamanan nasional, sebanyak 83,2 persen responden menilai sangat baik/baik.

Berbeda dengan masalah ekonomi dan politik nasional yang dinilai kurang baik. Jumlah responden yang menilai kondisi politik nasional baik/sangat baik hanya 54,2 persen. Yang menilai kondisi ekonomi nasional sangat baik/baik hanya 52,2 persen. Berkaitan dengan itu, 75,3 persen masyarakat mendesak agar masalah ekonomi harus segera diselesaikan oleh pemerintah. 

Selain itu, beberapa isu yang didesak publik untuk diselesaikan oleh pemerintah yaitu terkait kenaikan harga sembako yang disuarakan oleh 41,4 persen responden. Kemudian masalah korupsi yang disuarakan oleh 21,8 persen publik serta terkait masalah tenaga kerja/pengangguran yang disuarakan oleh 16,7 persen responden.

Editor : Rizal Bomantama

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda