Survei LSI: Ada Faktor Kinerja KPK dalam Kemenangan Jokowi di Pilpres 2019

Ilma De Sabrini ยท Kamis, 29 Agustus 2019 - 19:37 WIB
Survei LSI: Ada Faktor Kinerja KPK dalam Kemenangan Jokowi di Pilpres 2019

Peneliti senior Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Burhanudin Muhtadi. (Foto: iNews.id/Ilma De Sabrini).

JAKARTA, iNews.id - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menyebut ada faktor kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam terpilihnya Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019. Hasil survei LSI menunjukkan mayoritas responden memilih Jokowi-Ma'ruf Amin karena merasa puas dengan kinerja KPK memberantas korupsi.

Peneliti senior LSI Burhanudin Muhtadi mengatakan, 61,1 persen responden merasa puas dengan kinerja KPK dan 28,9 persen merasa tidak puas. Kemudian 63,4 persen responden yang menyatakan puas dengan kinerja KPK mayoritas memilih Jokowi-Maruf.

"Mereka yang puas dengan Pak Jokowi, umumnya puas terhadap KPK," ujar Burhanudin saat memaparkan hasil surveinya di Hotel Mercure, Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (29/8/2019).

Dia menuturkan, responden sebanyak 63,8 persen merasa tidak puas dengan kinerja KPK mayoritas memilih Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno. Menurutnya, ada relevansi signifikan kepercayaan masyarakat dengan kinerja pemerintah kepada KPK.

Melihat hasil tersebut Jokowi diingatkan perlu berhati-hati dalam mengambil keputusan menyangkut program pemberantasan korupsi. Pendukung KPK bisa berbalik tidak mendukung Jokowi jika salah mengambil keputusan.

"Kalau presiden salah langkah memilih pimpinan KPK, bujan tidak mungkin akan menjadi amunisi yang menggerogoti kredibilitas presiden," ucapnya.

Populasi dalam survei ini merupakan warga negara Indonesia yang memiliki hak pilih. Tim survei memilih secara multistage random sampling terhadap 1.220 responden sebagai basis sampel.

Sementara margin of error sebesar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Waktu wawancara terkait survei ini dilaksanakan pada 11-16 Mei 2019.


Editor : Kurnia Illahi