Surya Paloh Bertemu Airlangga, Usul Ambang Batas Parlemen 7 Persen

Felldy Utama ยท Senin, 09 Maret 2020 - 15:22 WIB
Surya Paloh Bertemu Airlangga, Usul Ambang Batas Parlemen 7 Persen

Para elite Partai NasDem dan Partai Golkar menggelar jumpa pers seusai pertemuan kedua ketua umum mereka di Jakarta, Senin (9/3/2020). (Foto: iNews.id/Felldy Utama)

JAKARTA, iNews.id – Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, mengusulkan agar ambang batas parlemen atau parliamentary threshold (PT) pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 dinaikkan menjadi 7 persen. Dalam Pileg 2019, ambang batas parlemen ditetapkan sebesar 4 persen.

Usulan Surya itu diungkapkan langsung oleh Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, seusai menggelar pertemuan secara tertutup di Aula Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, siang tadi. “Terkait undang-undang politik, terkait dengan parliamentary threshold, ada usulan dari Pak Surya Paloh bahwa parliamentary threshold (dinaikkan) 7 persen,” kata Airlangga, Senin (9/3/2020).

Dia menyatakan, Partai Golkar menyambut baik usulan Surya Paloh dalam pertemuan tadi. Bahkan, dia secara tegas mendukung agar usulan tersebut bisa segera ditetapkan untuk kemudian bisa direalisasikan pada Pileg 2019.

“Partai Golkar juga melihat ini sesuatu yang bagus, dan Partai Golkar akan mendukung konsep tersebut,” ujarnya.

Di samping itu, Airlangga juga membeberkan, dalam pertemuan tadi Partai Golkar dan partai NasDem sepakat agar ambang batas pemilihan presiden atau presidential threshold tetap sama seperti yang sudah berlaku pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2019. “Tetap 20 persen,” kata dia.

Editor : Ahmad Islamy Jamil