Tak Hadiri Pemakaman Ani Yudhoyono, JK Ternyata Jalani Perawatan Usus

Ilma De Sabrini ยท Selasa, 04 Juni 2019 - 16:40 WIB
Tak Hadiri Pemakaman Ani Yudhoyono, JK Ternyata Jalani Perawatan Usus

Wapres Jusuf Kalla (kanan) bersama Menteri PAN dan RB Syafruddin di kediaman JK, Jakarta, Rabu (4/6/2019). (Foto: iNews.id/Ilma de Sabrini).

JAKARTA, iNews.id, – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) tidak menghadiri upacara pemakaman istri Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, Kristiani Herrawati atau Ani Yudhoyono pada Minggu (2/6/2019). Oleh stafnya, Husain Abdullah, JK dikabarkan harus istirahat atas saran dokter.

JK membenarkan informasi tersebut. Dirinya tidak bertakziah ke rumah duka maupun hadir di upacara pemakaman Ani Yudhoyono lantaran menjalani perawatan usus. JK mengaku opname di rumah sakit.

"Karena saya 10 hari di rumah sakit perawatan usus, jadi ada beberapa momen yang saya hanya meminta ibu mewakili. Wafatnya Ibu Ani, Bu Mufidah hadir, yang lainnya insyallah tetap berjalan baik," kata JK di kediaman dinasnya, Jakarta Pusat, Selasa (4/6/2019).

BACA JUGA: Pimpin Pemakaman Ani Yudhoyoni, Jokowi: Kita Kehilangan Tokoh Wanita Terbaik

Ditanya tentang kondisinya sekarang ini, JK mengaku sudah sehat. Namun, masih dalam proses pemulihan. Jika sudah benar-benar pulih, dia berencana bertemu dengan SBY untuk menyampaikan belasungkawa. Menurutnya, almarhumah Ani Yudhoyono merupakan sosok ibu negara yang hebat.

"Bagaimana pun, Ibu Ani itu Ibu Negara waktu saya bersama-sama dengan Pak SBY. Jadi kita mempunya hubungan yang sangat erat, dan saya tahu betul Ibu Ani itu ibu yang hebat," ucapnya.

Untuk diketahui, sebelum sakit usus, agenda terakhir yang tampak dihadiri JK yakni kegiatan silaturahmi bersama para tokoh dalam rangka mempersatukan bangsa di rumah dinasnya, Jalan Diponogoro, Jakarta Pusat, Kamis (23/5/2019) malam.


Editor : Zen Teguh