Terungkap, Syam Organizer Yayasan Amal dari Teroris Jamaah Islamiyah 

Puteranegara Batubara · Senin, 16 Agustus 2021 - 16:21:00 WIB
Terungkap, Syam Organizer Yayasan Amal dari Teroris Jamaah Islamiyah 
Suasana penggeledahan kantor Yayasan Syam Organizer Jabar di Jalan Gading Tutuka 1, Soreang, Kabupaten Bandung. (Foto: iNews/Saufat Endrawan)

JAKARTA, iNews.id - Polri mengungkap bahwa LSM Syam Organizer merupakan yayasan amal yang dikelola oleh kelompok terorisme Jamaah Islamiyah (JI). Dalam hal ini, pendanaan melalui penggalangan tersebut untuk menunjang kegiatan aksi mereka.

"Syam Organizer merupakan yayasan amal milik organisasi Jamaah Islamiyah yang berkantor pusat di Yogyakarta," kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan dalam jumpa pers di kantornya, Jakarta Selatan, Senin (16/8/2021).

Ramadhan menyebut, pengelolaan yayasan tersebut juga dilakukan untuk menarik simpati masyakarat karena selama ini dikenal melalui program-program kemanusiaannya. Pasalnya, Syam Organizer melakukan itu agar tak terendus oleh Densus 88 Antiteror Polri.

"Selain itu, dapat bergerak secara leluasa dalam melakukan penggalangan dana sehingga mendapat dana yang maksimal," ujar Ramadhan.

Sejauh ini, kata Ramadhan, terdapat beberapa program yang dikelola oleh Syam Organizer untuk kemudian dikemas seperti misi kemanusiaan di Suriah atau Palestina. Diantaranya, mereka menyuplai air bersih ke Palestina dengan memiliki tiga sumur air di wilayah konflik dan perang tersebut. 

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: