TKN: Suara Paslon 01 Segera Capai Batas Psikologis Klaim Kemenangan

Aditya Pratama ยท Rabu, 08 Mei 2019 - 09:38 WIB
TKN: Suara Paslon 01 Segera Capai Batas Psikologis Klaim Kemenangan

Wakil Direktur Saksi TKN Jokowi-Ma'ruf, Lukman Edy. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id – Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin menilai kemenangan mereka semakin dekat. Kubu petahana itu merasa optimistis, perolehan suara pasangan capres-cawapres nomor urut 01 mampu menembus batas psikologis 80 juta suara.

“Kemenangan 01 sudah di depan mata. Kami memprediksi perolehan suara Jokowi-Amin segera mencapai 80 juta. Berarti, sudah menembus batas psikologis untuk klaim kemenangan,” ujar Wakil Direktur Saksi TKN Jokowi-Ma’ruf, Lukman Edy, di Jakarta, Rabu (8/5/2019).

Dia mengatakan, dari 813.350 TPS (tempat pemungutan suara) yang ada di Pemilu 2019, pihaknya telah mengimpun formulir C1 di 761.540 TPS. Selain itu, jumlah pemilih yang tercatat dalam proses rekapitulasi tim War Room TKN sejauh ini sebanyak 145.454.500 orang dengan tingkat partisipasi mencapai 80,09 persen.

“Kami perkirakan, total suara maksimum hingga akhir rekapitulasi nanti sebanyak 155.400.504 suara,” ujar Edy.

Dia menuturkan, saat ini TKN masih terus menggerakan personel War Room untuk mengumpulkan dan memverifikasi data C1 dari seluruh TPS yang melakukan pemilu ulang maupun lanjutan. Dia berharap, seluruh proses rekapitulasi dapat rampung sebelum tanggal 22 Mei 2019.

*People power jangan inkonstitusional*

Edy juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersabar dan menahan diri, sehingga terhindar dari hasutan pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang asal menuding pemilu curang. Jika terjadi kecurangan, kata dia, segera laporkan saja ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) beserta alat bukti yang otentik.

“Kita sama-sama menjaga situasi tetap aman dan damai. Jika ada keberatan gunakan jalur laporan yang telah disediakan undang-undang. Semua ada aturan mainnya. People power jangan digunakan melawan konstitusi,” kata Edy.

Dia menambahkan, TKN Jokowi-Amin mengundang seluruh masyarakat untuk bergabung dalam proses real count menuju 80 juta suara bertempat di War Room TKN, Gedung HighEnd lantai 2, Kebon Sirih, Jakarta, hari ini pukul 16.00 WIB.


Editor : Ahmad Islamy Jamil