TNI AD Ikut Lomba Tembak AARM ke-28 di Malaysia, Ini Pesan Wakasad

Dony Aprian ยท Minggu, 18 November 2018 - 01:12 WIB
TNI AD Ikut Lomba Tembak AARM ke-28 di Malaysia, Ini Pesan Wakasad

Kontingen Indonesia pada ajang AARM ke-28 Tahun 2018 di Malaysia. (Foto: Dispenad)

MELAKA, iNews.id – Kiprah TNI Angkatan Darat dalam mengharumkan nama bangsa di pentas internasional sudah teruji. Salah satunya dapat dilihat dari prestasi matra militer tersebut di ajang ASEAN  Armies Rifle Meet (AARM).

Akhir pekan ini, Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letnan Jenderal (Letjen) TNI Tatang Sulaiman berkesempatan menghadiri upacara pembukaan AARM ke-28 Tahun 2018 di Lapangan 400 Terendak Camp, Melaka, Malaysia. Upacara lomba tembak antarangkatan darat negara-negara ASEAN itu juga dihadiri para petinggi militer dari Brunei Darussalam, Singapura, Thailand, Filipina, Laos, Vietnam, Myanmar, dan Kamboja.

Bertindak sebagai inspektur pada upacara pembukaan lombak tembak AARM ke-28 tahun 2018 yaitu Letnan Jenderal Dato Hasagaya Abdullah selaku wakil kepala staf Angkatan Darat Malaysia.

Selama keikutsertaan pada ajang AARM, kontingen TNI AD tercatat 12 kali menjadi juara umum. Bahkan, pada AARM di Singapura 2017, TNI AD tidak hanya menjadi juara umum tetapi juga mencatatkan rekor trofi dan medali terbanyak dalam sejarah pelaksanaan AARM, yaitu 9 trofi, 31 medali emas, 10 medali perak, dan 10 medali perunggu.

Saat menemui  para atlet petembak TNI AD yang akan bertanding pada ajang tersebut, Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman memberikan pengarahan kepada kontingen Indonesia yang dipimpin oleh Mayor Inf Amril Haeruman Tehupelasury. Dalam pengarahannya, wsakasad menyampaikan bahwa tidak hanya TNI AD, melainkan seluruh rakyat Indonesia menaruh harapan yang besar kepada kontingen ini.

“Kita semua ingin agar kontingen Indonesia dapat kembali mempersembahkan kehormatan sebagai juara umum dan bahkan dapat  memecahkan catatan yang diraih pada tahun sebelumnya,” tutur Tatang di Melaka, Sabtu (17/11/2018).

Di akhir pengarahannya, wakasad juga mengapresiasi komitmen dan upaya keras kontingen dalam menghadapi lombak tembak AARM ke-28/2018. “Terima kasih atas semangatnya dalam pelaksanaan event ini, berbuat yang terbaik, banyak berdoa dan ibadah, percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa,” ujarnya.

Selesai mengikuti upacara pembukaan AARM ke-28/2018,  Tatang beserta wakasad-wakasad negara lainnya berkesempatan mencoba menembak pistol di lapangan tembak 400 meter Terendak Camp dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama. Direncanakan, para pejabat militer itu akan melaksanakan olahraga bersama keesokan harinya, yakni Minggu (18/11/2018) ini.

Dalam acara tersebut, Wakasad Tatang juga didampingi Waasops Kasad Brigjen TNI Untung Budiharto, Wadanpussenif Kodiklatad Brigjen TNI M Saleh, dan Athan RI di Malaysia Kolonel Arm Iwan Bambang Setiawan.


Editor : Ahmad Islamy Jamil